Home / Tips n Trik / Tips Hindari Hacker Untuk Melindungi Akun FB Dan Media Sosial Lainnya
hacker

Tips Hindari Hacker Untuk Melindungi Akun FB Dan Media Sosial Lainnya

Amankan Akun Media Sosial Anda Dari Serangan Hacker Dengan Cara Ini!

Dotekno.com– Maraknya serangan hacker terhadap akun media sosial seperti Facebook (FB), twitter, Path, Instagram, VK, Steller dan sejenisnya. Hal ini membuat pengguna medsos kawatir akan keamanan akunnya.

Sebelumnya ramai diberitakan akun CEO Facebook Mark Zuckerberg diretas oleh oknum jail. Belum lagi di Rusia, 100 juta akun VK diserang hacker.VK memang tak populer di Indonesia. Sebab VK adalah media sosial mirip facebook di Rusia.

VK berisi diciptakan dengan sejumlah aplikasi pesan instan Telegram. Usai diselidiki, hacker menyebut dirinya adalah Peace. Ia telah meretas 100 juta akun selama 2 tahun.

Dari hasil ilegalnya, hacker mengumpulkan nomor telepon, email, dan password. Semua data tersebut dijual dengan harga 7,6 juta rupiah di pasar gelap RealDeal.

Agar tak mengalami hal serupa di atas, dotekno akan mengulas tip menghindari serangan hacker agar akun media sosial anda aman.

Tips hindari hacker untuk melindungi akun media sosial:

  1. Menentukan password yang kuat

Pengguna media sosial perlu menyadari bahwa menentukan password yang kuat adalah sangat penting. Yang dimaksud sandi yang kuat adalah terdiri dari 12 karakter. Keseluruhannya terdiri dari angka, huruf besar, dan hindari pencantuman informasi pribadi.

Sebagian besar pengguna FB dan sejenisnya menggunakan tanggal lahir sebagai password. Hal ini sebaiknya perlu dihindari. Karena pencantuman informasi pribadi sangat mudah ditebak oleh hacker.

Tepat satu dekade yang lalu, penyerang berhasil membobol password hanya berbekal laptop. Karena pada saat itu password paling kuat contohnya adalah 34xyf4ds.

hacker
hacker
  1. Hindari penggunaan password yang sama dua kali

Jika pengguna media sosial FB dan sejenisnya telah menentukan password yang kuat. Maka pertimbangkan apakah password anda benar- benar aman?

Password dikatakan aman, jika digunakan hanya untuk 1 jenis web atau media sosial. Saat pengguna internet menggunakan password untuk sejumlah website, maka dikatakan tak aman.

Pasalnya hacker bisa saja mencari alamat email anda dengan password yang sama untuk akun lainnya. Untuk itu gunakan satu password hanya untuk satu akun tertentu.

Berita Terkini: Akun FB Perwira TNI Dipakai Hina Jokowi Ahok, Begini Pengakuan Pemiliknya!

  1. Menggunakan password manager

Membuat password yang sulit dan kuat tidaklah mudah. Ada baiknya pengguna internet memanfaatkan password manager. Sebut saja LastPass dan Dashlane. Aplikasi ini dapat menyimpan keseluruhan password Anda.

Dengan demikian password manager terkumpul dalam satu wadah atau master. Sehingga anda hanya perlu mengingat password pada managernya. Dan tak perlu mengingat setiap pasword pada masing- masing akun.

baca juga:

Cara Booking Tiket Bioskop Lewat BookMyShow!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

cara-hapus-kontak-ganda

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone Secara Otomatis Dotekno.com– Cara hapus kontak ganda di smartphone …