Home / Entertain / Sebelum Meninggal, Gene Wilder Aktif Kampanyekan Sadar Bahaya Kanker!
gene wilder
gene wilder dan istrinya

Sebelum Meninggal, Gene Wilder Aktif Kampanyekan Sadar Bahaya Kanker!

Karir Gene Wilder Sepanjang Sejarah dari Aktor Hingga Sutradara dan Penulis Novel !

Dotekno.com– Kabar duka menyelimuti dunia hiburan internasional. Aktor Gene Wilder dikabarkan meninggal pada hari Senin 29 Agustus 2016. Tepat di usia 83 tahun, bintang serial Willy Wonka dan Mel Brooks ini menghembuskan nafas terakhirnya.

Kabar kematian Gene Wilder ini dibenarkan oleh pihak keluarganya. Dikutip dari pernyataan Jordan Walker Pearlman, keponakan Gene Wilder. Ia menderita serangan penyakit alzheirmer. Sejak tahun 1989, rupanya sang aktor senior ini telah didiagnosis menderita Limfoma non Hodgkin.

Kini aktor komedi yang memulai karirnya sejak 1967 disemayamkan di rumah duka. Selain berkiprah di dunia perfilman, Gene juga aktif menulis. Tahun 2005, karya pertamanya melejit dengan judul Kiss Me Like a Stranger : My Search for Love and Art. Beberapa kumpulan cerita juga disajikan dalam sebuah buku What Is This Thing Called Love tepatnya diluncurkan tahun 2010.

Karya tulis lainnya yang berhasil ditelurkan Gene Wilder berbentuk novel misalnya My French Whore, The Woman Who Wouldn’t, dan Something to Remember You By.

gene wilder
gene wilder

Pemilik nama asli Jerome Silberman juga pernah terjun sebagai penulis skenario sekaligus sutradara film. Sebelumnya Wilder memulai karirnya saat bermain di serial TV Armstrong Circle Theatre, tahun 1962.

Di tahun 1967 barulah Gene Wilder mendapatkan peran film perdananya dalam sebuah karya berjudul Bonnie and Clyde. Sementara itu di tahun 1968, ia juga berhasil mendapatkan pemeran utama dalam fil The Producers. Pada saat itu juga Gene Wilder meraih predikat sebagai Aktor Pendukung Terbaik Academy Award.

Beberapa film yang mendulang naman Gene Wilder seperti film Silver Streak, Stir Crazy, See No Evil Hear No Evil, dan Another You.

Sepanjang karirnya, Wilder tak berhenti sampai di dunia entertainment. Ia sempat mengkampanyekan sadar kanker dan upaya pengobatan. Selain itu sebagai bentuk rasa sosial, pria berkebangsaan Amerika Serikat ini mendirikan Gilda Radner Ovarian Cancer Detection Center di Los Angeles.

Rasa simpatiknya terhadap penderita kanker dilatarbelakangi oleh penyakit yang diderita istri ketiganya, Gilda Radner. Sebelum meninggal, mereka sempat bermain film. Karena didiagnosis menderita kanker ovarium, Gilda akhirnya meninggal.

baca juga:

Taylor Swift Dianggap Meninggal, Sang Seniman Diancam Hukuman !

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fast-and-furious-8

Review Film Fast And Furious 8, Benarkah Dom Kembali Ke Letty Setelah Misinya Berakhir ?

Fast And Furious 8 Menghadirkan Sosok Dom Berkhianat, Bagaimana Perasaan Letty? Dotekno.com– Film Laga terbesar …