Home / Teknologi / Satelit BRI Akhirnya Meluncur Ke Orbit
Satelit BRI

Satelit BRI Akhirnya Meluncur Ke Orbit

Satelit BRI Siap Melayani Indonesia

Dotekno.com – Akhirnya setelah adanya penundaan peluncuran Satelit BRI. Minggu tanggal 19 Juni 2016 pukul 04.39 WIB atau pada hari Sabtu 18 Juni 2016 pukul 17.30 WIB.waktu Kourou, Amerika Selatan. Satelit milik Bank Rakyat Indonesia berhasil meluncur ke Orbit bumi.

Satelit BRIsat diluncurkan dengan menaiki roket Ariane 5 milik Arianspace yang menggunakan 2 roket pendorong. Selain membawa satelit milik BRI, roket ini juga membawa satelit ECHOSTAR XVIII. Roket Ariane sendiri merupakan roket yang paling besar kekuatan dorongnya. Mampu untuk mengantarkan satelit ke orbit bumi hingga bobot 10 ton.
secara keseluruhan bobot roket pembawa satelit BRIsat ini berbobot 700 ton. Mempunyai kecepatan tujuh kali kecepatan suara dan akan meluncur hingga 250 kilometer ke angkasa.

Arianscape sendiri berkantor pusat di Evry, Prancis. Dan telah membuka cabang di berbagai negara yang telah menjadi mitranya.  Sebelumnya Arian space juga telah membuka cabang di Amerika, Jepang, dan Singapura.

Satelit BRIsat seharga 3.375 triliun rupiah ini. Satelit pertama di dunia yang melayani perbankan. Dan dioperasikan secara mandiri oleh Bank BRI. Satelit ini digunakan untuk mendukung peningkatan layanan kepelanggan yang lebih dari 53 juta yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia.

Seperti yang disampaikan Direktur Utama Bank BRI, Asmawi Syam. Dengan adanya satelit ini.  BRI ingin memperluas digitalisasi kantor BRI. Sehingga bisa melakukan kordinasi dengan seluruh kepala unit dan kepala cabang dengan mengguakan video conference.

Setelah diluncurkan satelit BRI ini akan segera menuju orbit yang ditetapkan di atas langit Papua. Dibutuhkan setidaknya 12 hari setelah peluncuran untuk memastikan BRIsat berada pada orbitnya. dan akan berada di orbit hingga 17 tahun untuk melayani BRI.

Setelah sampai pada orbit. Akan dilakukan pengecekan dan uji coba kembali. Apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan. Bila berjalan dengan lancar. Akan dilakukan serah terima antara pihak Space System Loral (SSL) dengan pihak Bank BRI pada bulan Agustus mendatang.

SSL sendiri telah menjadi mitra yang berpengalaman. Profesional dan handal dalam mendesain dan pembuatan satelit. dan sudah banyak satelit yang mereka buat dan telah meuncur ke orbit bumi.

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

harga-promo

Berita Terkini: Harga Promo Suzuki GSX S150 dan GSX R150 Diperpanjang Hingga Juli !

Dilabeli Motor Sport Paling Murah, Harga Promo GSX Series Diperpanjang! Dotekno.com– Harga Promo Suzuki GSZ …