Home / Teknologi / Laptop Lenovo Mudah Disadap Penyerang, Segera Uninstall Aplikasi Accelerator!
laptop lenovo

Laptop Lenovo Mudah Disadap Penyerang, Segera Uninstall Aplikasi Accelerator!

Selain Laptop Lenovo, 4 Perusahaan Ini Rentan Penyadapan!

Dotekno.comLaptop Lenovo dan dekstop yang menggunakan Windows 10 ternyata rentan terhadap serangan berbahaya. Hal ini disebabkan oleh adanya software bawaannya yang mempunyai titik kelemahan.

Sejumlah Laptop Lenovo yang menggunakan OS Windows 10 diantaranya adalah Lenovo Notebook 305, Edge 15, Flex 2 Pro dan produk Yoga lainnya.  Selain laptop Lenovo, produk ini juga rentan terhadap virus serupa. Yakni IdeaCenter dan Yoga Home 500.

Meski demikian, pihak Laptop Lenovo mengakui adanya kerentanan tersebut. Produsen asal Negeri Tirai Bambu ini meminta para penggunanya untuk menghapus atau uninstall paket software yang terdapat dalam Lenovo Accelerator Application.

Sebelumnya tim peneliti keamanan perusahaan mengungkapkan temuannya terkait serangan jahat. Dari hasil penyelidikannya, sejumlah perusahaan komputer termasuk Lenovo mempunyai aplikasi bawaan yang mengandung Bloatware. Aplikasi ini memungkinkan sebagai sumber ancaman.

Tak hanya Laptop Lenovo, sejumlah merk lain seperti Dell, HP, Asus dan Acer juga mempunyai kelemahan dan resiko yang serupa. Namun hingga kini belum memberikan langkah bijak.

laptop lenovo

Khusud pada laptop Lenovo, serangan yang mudah masuk perangkat adalah man in the middle atau MITM. Ancaman itu semacam penyerang yang mengetahui alur komunikasi  di dalam perangkat.

Dengan mengetahui alur komunikasi dalam perangkat, penyerang dapat melakukan modifikasi respons dan menyuntikkan malware berbahaya. Sehingga penyerang akan semakin leluasa berbuat apa saja pada perangkat Anda.

Jika anda sering menggunakan dekstop Lenovo untuk bekerja, segeralah uninstall aplikasi Accelerator ini. Ada Dua sudut pandang berbeda terhadap keberadaan Accelerator Application ini. Sebagian orang menganggap aplikasi ini cukup bermanfaat. Namun sebagian lagi menganggap sebagai crapware yang tidak berfungsi.

Pada dasarnya Accelerator Application dibuat agar peluncuran aplikasi lebih cepat ketika pengguna sedang membutuhkna. Sayangnya justru menimbulkan masalah baru. Perusahaan Lenovo akan memperbaiki sistem softwarenya.

Saat ancaman jahat mengintai, Laptop tak menunjukkan tanda- tanda aktivitasnya sedang dipantau. Untuk itu sangat tidak aman bagi pekerja pengolah data keuangan dan sejenisnya. Penyerang bisa saja melakukan penyadapan atau mencuri data anda.

baca juga :

Harga Lenovo ZUK Z2 dan Spesifikasi Detailnya

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

harga-promo

Berita Terkini: Harga Promo Suzuki GSX S150 dan GSX R150 Diperpanjang Hingga Juli !

Dilabeli Motor Sport Paling Murah, Harga Promo GSX Series Diperpanjang! Dotekno.com– Harga Promo Suzuki GSZ …