Home / News / Google Doodle Hari Ini: Peringati Hari Lahir Takizo Iwasaki, Pencipta Replika Makanan Berbahan Lilin!
takizo iwasaki
google doodle hari ini : replika makanan

Google Doodle Hari Ini: Peringati Hari Lahir Takizo Iwasaki, Pencipta Replika Makanan Berbahan Lilin!

Takizo Iwasaki Ciptakan Sampuru Pertama Kali Dari Masakan Sang Istri!

Dotekno.com– Google doodle hari ini kembali menampilkan sederet gambar makanan yang cukup menggoda. Tepat 12 September 2016 merupakan hari ulang tahun Takizo Iwasaki yang ke 121.

Siapakah sebenarnya sosok Takizo Iwasaki? Ternyata adalah sosok yang telah mengenalkan kembali sampuru. Sampuru merupakan contoh replika makanan yang terbuat dari plastik atau lilin. Biasanya replika ini merupakan menu yang akan disajikan di restoran atau rumah makan.

Pada kenyataanya sampuru telah ada beberapa dekade yang lalu. Namun keberadaannya saat itu belum banyak dikenal masyarakat.  Di tahun 1932, Takizo Iwasaki yang juga pendiri Iwasaki Grup berhasil menciptakan replika makanan untuk pertama kalinya. Bertemakan Flower of Wax atau Ro no Hana.

Saat itu Takizo Iwasaki terinspirasi masakan istrinya, omelet. Dari segi penampilannya tak begitu menarik. Namun Takizo berhasil membuat lekukan- lekukan omelet yang begitu sempurna. Hasilnya seperti makanan sesungguhnya.

Istrinya pun tak dapat membedakan mana sampuru dan mana omelet asli. Hingga saat ini replika omelet masih tersimpan di rumah prefektur Gifu. Sejumlah replika makanan dari seluruh dunia juga disimpan disana.

takizo iwasaki
replika makanan dari lilin

Dari perkembangan zaman, sampuru tidak lagi dibuat dari lilin melainkan dari plastik. Meski demikian sampuru tersebut tak dapat diproduksi secara masal melainkan tetap menggunakan tangan secara manual. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan keunikan makanan.

Replika makanan yang diciptakan Takizo Iwasaki merupakan perpaduan budaya Jepang. Wajar jika setiap restoran di negeri ini kerap menampilkan sampuru yang menarik. Sayangnya material dalam pembuatan replikan makanan ini telah banyak berubah. Namun pencipta pertama kalinya, Takizo Iwasaki tak pernah dilupakan.

Lahir di Gifu Jepang tahun 1895. Jasa Takizo tetap dikenang. Apalagi hasil kreasinya membantu restoran atau toko kue untuk menampilkan hidangannya tanpa takut kadaluarsa. Penampakan mirip wujud aslinya membuat konsumen semakin tertarik menyantap. Memang tujuan pembuatan sampuru ini untuk menggoda pelanggan.

Jika anda penasaran dengan penampakan sampuru, cobalah untuk membuka halaman google.com hari ini. Sederet makanan siap disantap terpampang menggoda. Tapi ingat ini hanya beberapa sampel saja, bukan makanan aslinya lho !

baca juga :

Berita Terkini: Google Doodle Hari Ini Jeruk Main Golf !

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …