Home / News / Google Doodle Hari Ini: Karya Lotte Reiniger Film Animasi Siluet  Mirip Pementasan Wayang Kulit!!
Lotte Reiniger

Google Doodle Hari Ini: Karya Lotte Reiniger Film Animasi Siluet  Mirip Pementasan Wayang Kulit!!

Berkiprah Hampir 1 Abad, Inilah Perjalanan Lotte Reiniger Dari Jerman Hingga London!

Dotekno.com- Lotte Reiniger merupakan sosok wanita yang berkiprah menjadi sutradara film animasi siluet pertama kali. Sebagai bentuk penghormatan, Google doodle hari ini menampilkan video perayaan ulang tahunnya yang ke 117..

Video animasi pendek ini menceritakan tentang siluet seorang wanita sedang menggunting kertas. Guntingan kertas- kertas tersebut dijadikan sebagai objek. Lantas bagaimana hubungan video animasi pendek ini dengan Lotte Reiniger?

Dalam hasil karyanya, Lotte Reiniger menampilkan karakter film yang berasal dari kertas yang digunting. Guntingan kertas dimainkan di belakang layar yang diberi lampu sebagai penerangan dari belakang. Model pementasan ini mirip dengan cara wayang kulit dimainkan.

Lotte Reiniger telah menghasilkan 40 judul film animasi siluet. Wanita kelahiran Jerman 2 juni 1899 untuk pertama kalinya mengenalkan film Das Ornament des Verliebten Herzens atau The ornament of the Enamoured Heart di tahun 1991.

Film perdananya mengisahkan tentang dua kekasih. Perasaan keduanya digambarkan melalui ornamen- ornamen guntingan kertas.

Lotte Reiniger
karya Lotte Reiniger

Sedangkan film Lotte Reiniger yang terkenal yaitu The Adventures of prince Achmed tayang tahun 1926 dan Papageno tayang tahun 1935. Film tersebut diiringi musik karya Mozart.

Awal kiprahnya, film animasi siluet Reiniger mendapat sambutan yang baik. Selanjutnya ia membuat beberapa karya susulan. Karena kondisi politik yang tidak membaik saat itu, Reiniger hijrah ke London tahun 1945. Di negara ini, ia bertemu dengan freddi Bloom, Direktur National Deaf’s Children Society.

Kemampuan Reiniger menggunting kertas, membuat Bloom terkesan. Hingga memintanya untuk membuat desain logo dalam rangka penggalangan dana. Hingga tahun 1990, logo itu masih terpakai.

Tahun 1953, Reiniger bersama rekannya Louis Hagen Jr mendirikan Studio Film. Mereka menghasilkan beberapa film siluet untuk studio TV BBC dan Telecasting Amerika.

Selain sebagai sutradara, Reiniger juga menjadi ilustrator buku King Arthur and His Knights of the Round Table. Buku tersebut karya Roger Lancelyn Green tahun 1953.

Pada tahun 1972, Lotte Reiniger mendapatkan penghargaan Filmband in Gold . pada tahun yang sama pemerintah Jerman juga memberikan penghargaan atas karyanya yang berjudul Great Cross of the Order of Merit of the Federal Republic of Germany.

Tokoh legendaris ini tutup usia tanggal 19 Juni 1981 di jerman. Lotte Reiniger genap berusian 82 tahun. Hampir 100 tahun, Reiniger menjadi inspirator dalam dunia animasi dan seniman. Termasuk menciptakan doodler Olivia Huynh, mulai dari menggunakan boneka puppet sampai rig kamera.

baca juga 

Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Kelahiran Sigmund Freud

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …