Home / News / Berita Terkini: DPR Usulkan Sidang Isbat Dihapuskan Meski Kementerian Sudah Siapkan Tim !
sidang isbat
Image by Google Image

Berita Terkini: DPR Usulkan Sidang Isbat Dihapuskan Meski Kementerian Sudah Siapkan Tim !

Politikus Gerindra Beberkan Alasan Penghapusan Sidang Isbat !

Dotekno.com– Kementerian Agama RI sudah menyiapkan persiapan menjelang sidang isbat untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan 1438 Hijriah.

Dikutip dari pernyataan Nurkhozin, Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyah Kementerian Agama mengatakan setidaknya ada 84 titik pantau di seluruh Indonesia. Setiap titiknya akan dipantau oleh petugas masing- masing daerah.

Persiapan lain yang dilakukan pemerintah adalah menyebar undangan ke pihak terkait. Selain itu juga mengundang beberapa organisasi masyarakat (Ormas) Islam untuk musyawarah. Hal ini dilakukan agar penentuan tanggal 1 Ramadhan dapat serentak oleh semua umat Islam di Tanah Air.

Beberapa pihak yang dipastikan menghadiri sidang Isbat misalnya kedubes dari negara- negara, Ketua Komisi Viii DPR RI, Mahkamah Agung, MUI, BMKG. LAPAN, BIG,  Bosscha ITB, Planetarium, Pakar Falak dari Ormas Islam, pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi XIII DPR, Sodik Mudjahit mengatakan agar tradisi sidang isbat ditiadakan dengan beberapa alasan. Misalnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, penetapan kalender Hijriah termasuk penetapan 1 ramadhan dan 1 Syawal bisa dilakukan dengan akurat.

Selain itu dalam sidang isbat sering terjadi perdebatan. Hal ini dianggap menimbulkan kesan perpecahan ulama dan ormas menjelas bulan suci Ramadhan. Sehingga orang awam kerap mengartikan tidak adanya kekompakan dan menimbulkan kebingungan.

Apalagi dalam prosesnya, sidang isbat mengeluarkan banyak biaya. Menurut Sodik, alangkah baiknya jika dana tersebut diserahkan kepada MUI dan ormas Islam untuk pembinaan umat selama Bulan Puasa.

Dengan sejumlah alasan itulah, Sodik berharap Menteri Agama bisa mempertimbangkan usulnya. Seperti yang ia jelaskan, dengan mempunyai kalender Hijriah permanen maka umat Muslim tidak akan bingung menjelang Ramadhan. Khususnya untuk kalangan umat awam juga tidak disuguhi perdebatan dalam sidang Isbat yang sering ditayangkan di TV.

Untuk ormas- ormas Islam tetap diberi kebebasan otonom melakukan isbat. Tanpa terpaksa harus sama jika terjadi perbedaan dalam proses Isbat.

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …