Home / Gaya Hidup / Cara Memahami Polis Asuransi Agar Tidak Salah Beli Produk
polis asuransi
copyright©kompas

Cara Memahami Polis Asuransi Agar Tidak Salah Beli Produk

Istilah Istilah dalam Polis Asuransi Yang Wajib Dipahami

Dotekno.com– Memahami dan mengetahui isi polis asuransi itu WAJIb hukumnya lho! Kenapa bisa begitu? Hal ini supaya produk asuransi yang akan kita gunakan sesuai kebutuhan. Apalagi cara mengelola keuangan pribadi salah satunya adalah dengan cara membeli produk asuransi. Sehingga jika kita mempunyai tanggungan atau ingin mengalihkan risiko, produk asuransi jiwa akan membantunya.

Selain Asuransi jiwa, polis asuransi kesehatan diperlukan untuk membantu kondisi finansial agar dapat terkelola dengan baik. Apalagi sebelum memutuskan untuk membelinya, ada baiknya mencermati isi kontrak. Misalnya dengan mengetahui dan memahami ketentuan dalam kontraknya.

Terkadang nasabah sering mengabaikan hal ini dengan alasan enggan membaca. Ya, tentu karena isi polis menggunakan gaya bahasa kontrak asuransi yang rumit dan sulit dipahami. Tetapi untuk menghindari hal- hal yang menyulitkan di kemudian hari, calon nasabah sebaiknya membaca kontrak asuransi dengan teliti.

Di bawah ini Dotekno akan membagikan cara mudah memahami isi polis asuransi. Langsung saja cek yuk !

  1. Jenis Pertanggungan Asuransi

Calon nasabah wajib paham tentang jenis pertanggungan asuransi yang akan dibeli, contohnya jika kita akan membeli asuransi kesehatan. Maka sebaiknya kita tahu tentang jenis penyakit apa saja yang dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi. Periksa dengan jeli jenis penyakit apa saja yang tercantum di dalam polis tersebut.

Untuk asuransi kerugian barang mewah, biasanya jenis pertanggungan yang ditawarkan adalah Total Loss Only (TLO) atau comprehensive (Perlindungan menyeluruh). Jenis TLO ini hanya mengganti kerugian jika barang Anda seperti mobil hilang. Namun jika ada kerusakan atau kecelakaan, maka asuransi tidak akan menanggung.

  1. Makna Pertanggungan

Jika kita sudah mengetahui tentang semua jenis pertanggungan yang akan ditanggung pihak asuransi. Maka selanjutnya kita wajib mengetahui definisi dari pertanggungan yang tercantum dalam polis asuransi.

Misalnya untuk produk asuransi kesehatan. Sebagai contoh jenis pertanggungannya adalah resiko penyakit kanker. Ada baiknya kita menanyakan apakah pihak asuransi akan menanggung pengakit stadium awal atau hanya stadium akhir. Pastikan Anda mendapatkan kejelasan.

polis asuransi
copyright©bisniskeuangan
  1. Klausul Pengecualian

Bagian terpenting dari polis asuransi adalah aturan tentang pembatalan pertanggungan. Hal ini biasanya disebut klausul pengecualian (exclution clause). Klausul  ini dijelaskan dalam bab ketentuan khusus.

Misalnya pertanggungan akan batal jika ada penyalahgunaan, kejahatan, kesengajaan, atau tindakan yang melanggar hukum yang dilakukan nasabah. Contoh kejadiannya, pihak asuransi tidak akan mencairkan klaim jika tertanggung meninggal dunia karena unsur sengaja, yaitu dibunuh ahli waris, atau bunuh diri.

Apabila Anda telah memahami bagian penting dari polis asuransi diatas, maka akan mempermudah untuk mengetahui produk asuransi mana yang cocok dengan kebutuhan kita dan sesuai dengan kondisi finansial. Tidak salah jika Anda meminta dummy polis sebelum Anda menandatangani kontrak tersebut.

Bertanyalah detail produk yang akan Anda beli kepada perusahaan atau agennya. Upaya ini untuk menghindari jika ada masalah di kemudian hari. Semoga dengan mengaplikasikan cara di atas, dapat membantu menentukan asuransi yang terbaik.

baca juga :

Berita Terkini: Tunjukkan Komitmennya, AXA Mandiri Bayar Klaim Nasabah Rp 1,06 M !

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

Cara Hilangkan Jerawat Agar Tidak Meradang Menggunakan Es Batu

Cara Hilangkan Jerawat Menggunakan Es Batu, Madu, Dan Minyak Kayu Putih Dotekno.com– Cara hilangkan jerawat …