Home / News / Berita Terkini: Tak Perlu Blokir,  Google Dan Youtube Sudah ‘Pintar’ Saring Konten Dewasa!
google
pemblokiran google dan youtube

Berita Terkini: Tak Perlu Blokir,  Google Dan Youtube Sudah ‘Pintar’ Saring Konten Dewasa!

ICMI “Google Dan Youtube Harus Bicara Bersama Kominfo Terkait Penghapusan Konten Negatif”!

Dotekno.com– Usulan ICMI terkait pemblokiran Google dan Youtube tuai kontroversi dari sejumlah blogger dan youtuber. Hal ini senada dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Lizzie Parra, beauty video blogger (Vlogger) menganggap pemblokiran mesin pencari raksasa dan youtube tak bijak bahkan dianggap lucu. Pasalnya, selain konten negatif, google dan youtube juga mengandung konten positif. Tak sedikit orang- orang dapat go internasional berkat kedua situs tersebut.

Hal serupa juga diungkapkan Diego Bataram filmmaker muda. Menurutnya ICMI tidak melihat banyak masyarakat yang melakukan kegiatan ekonomi dengan bergantung pada google dan youtube.

Arif Lukman Hakim, blogger aktif di sebuah situs menyatakan seharusnya konten yang tak sopan disortir bukan memblokir saingan mozilla dan youtube.

google
ICMI

Sebelumnya Jafar Hafsah sebagai Sekjen ICMI mendesak pemerintah menutup kedua situs tersebut. Dengan alasan situs menyebarkan konten dewasa dan kekerasan sehingga berdampak negatif.

Sebagai seorang cendekiawan yang tergabung dalam ICMI seharusnya berpikir panjang dan komprehensif sebelum mengambil keputusan. Sementara itu Jason Tedjsukmana selaku Kepala Komunikasi Google di Indonesia enggan mengomentari perihal tersebut.

Pada hari ini, Rabu 8 Juni 2016 Kominfo dengan tegas menolak permintaan ICMI dengan alasan menyangkut kebebasan pers.

Tak ingin kalah, Muhammad Nuh, Wakil Ketua Umum ICMI menegaskan pada intinya tidak meminta memblokir Google dan youtube melainkan konten negatifnya. Namun pernyataan Nuh berbeda dengan Jafar. Meski demikian intinya sama, yaitu menutup Google dan youtube.

Menurut pengguna situs raksasa itu, youtube telah memblokir konten dewasa dan kekerasan. Pemerintah juga telah menggunakan internet sehat. Sehingga konten negatif diblok otomatis.

Selama ini youtube memberikan pembatasan umur untuk konten dewasa. Bisa dikatakan situs itu tak bodoh. Bahkan konten dewasa tak ada di youtube.

Namun Nuh mengelak agar kita mengecek apakah banyak konten tak senonoh atau tidak. Selanjutnya Google dan Youtube harus musyawarah untuk memperketat penghapusan konten dewasa dan kekerasansetiap saat.

baca juga :

Tips Hindari Hacker Untuk Melindungi Akun FB Dan Media Sosial Lainnya

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …