Home / Kejadian / Berita Terkini: Sonic Boom Terdengar Di Solo Berasal Dari Pesawat Latihan Di Lanud Iswahyudi Madiun!
sonic boom
sonic boom terdengar di Solo

Berita Terkini: Sonic Boom Terdengar Di Solo Berasal Dari Pesawat Latihan Di Lanud Iswahyudi Madiun!

Sonic Boom Berasal dari Balapan Kecepatan Udara dan Pesawat!

Dotekno.com- Terkait suara seperti ledakan bom, TNI AU memberikan klarifikasi. Suara ledakan tersebut biasa disebut Sonic Boom. Kali ini suara menggelegarnya terdengar oleh warga Solo, Karanganyar, dan sekitarnya.

Asisten Operasi AU Marsda TNI Barhim menjelaskan bahwa di Lapangan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun sedang digelar latihan untuk para penerbang tempur. Diagendakan penerbang Tanah Air yang ada di Pekanbaru, Pontianak dan Makassar berkumpul di Madiun untuk mensejajarkan ilmu.

Lantas mengapa sonic Boom terdengar di karanganyar? Karena wilayah tersebut menjadi area latihan yang ada di Lanud Iswahyudi. Tepatnya di daerah north east. Pada latihan di Madiun ini, TNI AU mendatangkan instruktur pesawat tempur untuk mengajarkan teori kemudian praktik, termasuk materi sonic boom.

Bagaimana proses terjadinya Sonic Boom? Karena pesawat melintas dengan cepat sekitar 1236 km/ jam melampaui kecepatan suara. Saat itu pesawat mendekati kecepatan suara. Akibatnya udara yang ada di depannya tertekan dan tertahan karena tak ada ruang untuk lari lagi. Sehingga gelombang suara terkumpul dan terakumulasi. Proses ini menghasilkan suara yang super keras atau disebut sebagai sonic boom.

Jika pesawat melewati langit dengan kecepatan lebih lambat dari kecepatan suara maka gelombang suara dapat terlewati dan sebaliknya. Sonic boom terdengar diarea yang cukup luas karena suara bergerak dengan pesawat. Jika diibaratkan mirip ombak yang dihasilkan di haluan kapal. Suara- suara itu berhamburan sampai ke belakang kapal.

sonic boom
proses terjadi sonic boom

Terkait suara sonic boom yang menghebohkan warga Solo. AKBP Ade Safri Simanjuntak menegaskan suara tersebut terdengar di Karangpandan dan Matesih. Kemungkinan besar sonic boom berasal dari pesawat supersonic F 16.

Pada umumnya suara sonic dihasilkan oleh pesawat supersonik. Misalnya F 15 atau Typhoon dan sejenisnya. Untuk pesawat sipil sebut saja Concorde. Sayangnya pesawat ini sudah tidak ada.

Sebagai perkembangan dari uji latihan dan praktek para TNI AU di Lanud Iswahyudi. Sekarang ini sudah memasuki tahap fase ada air command manuver. Misalnya ada 1 lawan 1, 2 lawan 1, 2 lawan 2, 2 lawan 4, 4 lawan 4. Suara menggelegar hari ini diperkirakan 4 lawan 4.

baca juga :

Berita Terkini: Pesawat Jatuh Libatkan Guru Dan Siswanya Terjadi Dua Kali Selama Agustus Ini!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

gempa

Berita Terkini: Gempa Guncang 3 Wilayah Dalam Sehari, Ini Penjelasan BKMG !

Dalam Sehari Terjadi 3 Gempa Di Wilayah Berbeda ! Dotekno.com– Rabu malam tepatnya 24 Mei …