Home / News / Berita Terkini: Kecurangan PPDB Online, Laporkan Ke Nomor Ini !
ppdb online

Berita Terkini: Kecurangan PPDB Online, Laporkan Ke Nomor Ini !

Ombudsman Pusat Siap Terima Laporan Kecurangan PPDB Online!

Dotekno.com– Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online kerap ditemukan kecurangan. Untuk itu Ombudsman Perwakilan Bengkulu siap menerima pengaduan terkait PPDB biasa dan PPDB online.

Herdi Puryanto, Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Bengkulu menyatakan agar masyarakat segera melaporkan kecurangan penerimaan siswa baru pada Ombudsman.

Dalam hal ini proses dan sistem PPDB di sekolah dan PPDB Online sangat menentukan calon peserta didiknya. Meliputi kualitas dan kuantitasnya. Oleh sebab itu proses PPDB online dirasa sebagai penentu keberhasilan proses pendidikan di masing- masing sekolah.

Herdi berharap keberlangsungan PPDB Online berlangsung jujur, kredibel, dan transparan dalam penyelenggaraannya. Ombudsman RI adalah lembaga negara pengawas pelayan publik. Dengan ini memberitahukan agar masyarakat terus ikut serta mengawasi jalannya PPDB.

ppdb online

Jika sewaktu- waktu ditemukan adanya kecurangan, masyarakat dapat melapor. Begini caranya, masyarakat dapat langsung datang ke kantor Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bengkulu. Lokasinya berada di Jl Raflesia No 30 Kelurahan Nusa Indah Kota Bengkulu. Atau bisa juga menghubungi telepon 0736- 20730.

Selain di Bengkulu, Ombudsman pusat juga membuka segala macam pengaduan PPDB online dengan sms center pengaduan PPDB tahun ajaran 2016 / 2017. Pelapor dapat menghubungi 0897- 6449- 566. Dengan format sms seperti berikut:

Nama pelapor* no ktp* nama sekolah* isi laporan.

Pengadaan PPDB adalah agenda rutin setiap tahun, sehingga jelas memiliki aturan yang jelas dan tegas. Sayangnya setiap tahun kerap terjadi mal administrasi. Dari laporan pengawasan Ombudsman RI, PPDB 2013 – 2015, kasus penarikan biaya tidak resmi berada di posisi paling atas.

Misalnya, sekolah menarik sejumlah biaya pendaftaran ulang siswa baru. Selain itu juga kerap terjadi mal administrasi yang berupa kesalahan prosedur dalam pelayanan PPDB di sekolah dan PPDB Online.

Pengadaan PPDB online sebenarnya untuk menekan adanya kecurangan yang semakin merajalela. Sistem yang dirasa cukup efektif untuk meminimalkan kecurangan PPDB. Kelemahan dari sistem ini adalah banyaknya masyarakat yang belum tahu tentag sistem atau metode online. Sehingga masyarakat banyak mengalami kerugian akibat ketidak tahuannya.

baca juga:

Berita Terkini : Pengumuman SBMPTN 2016 Peluang Peserta Masuk PTN Lebih Besar !!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …