Home / Gaya Hidup / Berita Terkini : Jangan Lewatkan Puasa Asyura, Jika Kamu Ingin Terbebas Dosa Satu Tahun
puasa asyura
Ilustrasi Laut Merah Terbelah

Berita Terkini : Jangan Lewatkan Puasa Asyura, Jika Kamu Ingin Terbebas Dosa Satu Tahun

Sejarah Puasa Asyura dan Cara Mengerjakannya!

Dotekno.comPuasa Asyura merupakan salah satu ibadah sunnah umat Muslim. Puasa Asyura ini dikerjakan pada tanggal 10 Muharram. Sedangkan puasa Tasu’a dikerjakan sehari sebelumnya, yaitu tanggal 9 Muharram. Dilihat dari namanya Asyura artinya hari ke 10 pada bulan Muharram.

Berikut ini Dotekno akan mengulas informasi tentang puasa Asyura. Dari sejarahnya, hari Asyura atau disebut dengan 10 Muharram merupakan hari yang agung. Pada hari tersebut Allah telah menyelamatkan Nabi Musa dan Harun AS dari pengejaran Firaun dan pasukannya di Laut Merah. Sehingga kaum Yahudi diperintahkan melaksanakan puasa Asyura sebagai bentuk rasa syukur.

Selain kaum Yahudi, kaum musyrik Quraisy juga melaksanakan puasa Asyura. Mereka beranggapan hari tersebut merupakan hari agung. Sehingga mereka melakukan penggantian kain Kakbah.

Aisyah RA berkata “kaum musyrik Quraisy mengerjakan puasa pada hari 10 Muharram sejak jaman jahiliyah. Begitu juga dengan Rosulullah SAW mengerjakan puasa Asyura. Saat beliau tiba di Madinah, maka beliau berpuasa Asyura dan memerintahkan para sabahat untuk berpuasa. Kemudian saat puasa Ramadhan diwajibkan, Beliau meninggalkan puasa Asyura. Maka barang siapa ingin, ia boleh berpuasa Asyura. Dan barang siapa ingin, ia boleh tidak berpuasa”

Sementara itu terkait dengan puasa Tasua yaitu puasa yang dikerjakan 9 Muharram ternyata memiliki sejarah berikut ini. Saat itu seorang sahabat Abdullah Bin Abbas RA berkata “ketika Rasulullah SAW melakukan puasa Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa Asyura, maka para sahabat berkata “wahai Rasulullah ia adalah hari yang diagungkan oleh kaum Yahudi dan Nasrani”

puasa asyura
keutamaan puasa asyura

Menjawab pertanyaan sahabatnya, Rasul bersabda “jika begitu, pada tahun mendatang kita juga akan berpuasa pada hari kesembilan, Insya Allah”. Sayangnya pada tahun berikutnya, Rasulullah telah wafat sebelum Muharram.

Berikut ini keutamaan Puasa Asyura :

  1. Puasa Asyura merupakan paling utama setelah puasa Ramadhan
  2. Dapat menghapuskan dosa kecil selama satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang
  3. Merupakan wujud syukur pada Allah atas keselamatan Nabi Musa dan Harun dari kejaran Firaun
  4. Meneladani sunnah Nabi Muhammad
  5. Melatih anak- anak untuk melakukan puasa

Selain keutamaan di atas, para ulama juga menerangkan beberapa tingkatan puasa yang dikerjakan bulan Muharram, yakni:

  1. Puasa satu hari, dikerjakan pada hari ke 10 Muharram
  2. Puasa dua hari, dikerjakan pada hari ke 9 dan 10 Muharram
  3. Puasa tiga hari, dikerjakan pada hari ke 9, 10, dan 11 Muharram. Terkait puasa setelah hari ke 10 ini, berdasarkan riwayat dari Ibnu Abbas dan sanadnya cukup lemah. Meski demikian, hadist lainnya juga menganjurkan puasa 3 hari setiap bulan.

Lalu bagaimana cara melakukan puasa Asyura? Sama seperti puasa Ramadhan atau puasa sunnah lainnya. Sebelum terbit fajar, sebaiknya mengucap niat seperti di bawah ini:

Niat puasa Asyura

“nawaitu sauma Asyura sunnatal lillahita’ala”. Artinya saya niat puasa hari Asyura sunnah karena Allah Ta’ala.

Niat puasa Tasua

“nawaitu sauma Tasua sunnatal lillahita’ala”. Artinya saya niat puasa hari tasua sunnah karena Allah Ta’ala.

Selain secara lisan, sebaiknya niat juga disertai dengan hati yang iklas. Demikian keutamaan Puasa Asyura yang dapat dotekno ulas. Semoga membantu pembaca berlomba- lomba dalam kebaikan!

baca juga :

Berita Terkini: Masak Daging Kambing, Perhatikan Teknik Sehat Ini Ya!

Sinopsis Anak Jalanan 7 Juni 2016 Adriana Menangis Ingat Puasa Bareng Boy, Reva Siapkan Makanan Sehat !

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

polis asuransi

Cara Memahami Polis Asuransi Agar Tidak Salah Beli Produk

Istilah Istilah dalam Polis Asuransi Yang Wajib Dipahami Dotekno.com– Memahami dan mengetahui isi polis asuransi …