Home / News / Berita Terkini: Gempa Jepang Kedua, Pemerintah Tarik Peringatan Tsunami !!
gempa jepang.
bangunan panti jompo rusak

Berita Terkini: Gempa Jepang Kedua, Pemerintah Tarik Peringatan Tsunami !!

Gempa Jepang 7, 4 SR Belum Ada Laporan Korban Jiwa Dan Kerusakan Bangunan!!

Dotekno.com- Gempa Jepang kedua kembali meresahkan warga setempat. Selang 24 jam usai gempa Jepang yang pertama. Yang mana Gempa pertama telah menewaskan 9 orang. Kini Pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan tsunami namun sudah ditarik kembali.

Kemungkinan Tsunami akan muncul dengan ketinggian 1 meter di sepanjang pantai di Prefektur Kumamoto, Kyushu Island.

Gempa Jepang kedua berkekuatan 7,4 Skala Ricther yang terjadi pukul 01.25 waktu setepat hari ini, 16 April 2016. Gempa tersebut berpusat di Kota Kumamoto. Hasil Survei geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa berada di kedalaman 40 kilometer.

Hingga kini belum ada laporan terkait Gempa Jepang yang kedua. Diberitakan sebelumnya gempa Jepang pertama berkekuatan 6.5 SR.

Sebuah media di Jepang, NKH melaporkan masyarakat Jepang merasa khawatir jika bendungan di dekat lokasi gempa dapat runtuh. Sehingga pemerintah harus mengevakuasi penduduk dalam jumlah besar.

gempa jepang
kondisi paska gempa jepang pertama

Ratusan pasien sudah dievakuasi dari sebuah RS di Kumamoto. Hal ini dilakukan karena kekhawatiran bangunan RS akan runtuh.

Dari laporan yang ada, sejumlah 70 pria dan wanita berada di dalam bangunan panti Jompo. Gempa susulan ini sudah dirasakan mulai malam sampai pagi ini.

Namun belum ada laporan kerusakan akibat Gempa berkekuatan besar di hari kedua ini. Pada gempa pertama, 9 orang tewas dan 860 jiwa terluka. Sedangkan sejumlah bangunan rumah hancur.

Negeri Matahari Terbit memang tidak asing dengan adanya gempa bumi. Sehingga mereka membangun struktur bangunan di Jepang untuk tahan gempa. Dengan tujuan tidak menyebabkan kerusakan besar jika terjadi getaran.

Menurut Badan Seismologi negeri sakura, guncangan yang terjadi kamis kemarin terjadi hamper sama dengan Gempa Jepang tahun 2011. Saat itu gempa yang terjadi diiringi tsunami besar dan kerusakan reactor nuklir Fukushima.

Badan Metereologi Jepang mengumumkan peringatan tsunami untuk pantai barat Kyushu. Tetapi sudah dibatalkan. Gempa Jepang kedua terjadi saat ratusan pekerja penyelamat menyisir reruntuhan bangunan. Sedangkan penduduk yang masih trauma sedang memulihkan kondisi normal di wilayah mereka.

Juru bicara pemerintah Yoshihide Suga menuturkan sebanyak 1600 tentara dan 2000 petugas polisi dan 1300 petugas pemadam kebakaran membantu pemulihan gempa pertama.

baca juga:

Berita Hari Ini: Gempa Afganistan 6,8 SR Hanya 1 Menit Menewaskan 6 Orang!!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …