Home / News / Berita Terkini: Gempa Bumi 5,6 SR Mengguncang Pegunungan Bintang Papua!!
Gempa terkini
sumber : BMKG

Berita Terkini: Gempa Bumi 5,6 SR Mengguncang Pegunungan Bintang Papua!!

Indonesia Terancam Dikepung Gempa Melebihi Ekuador !!

Dotekno.comGempa guncang pegunungan Bintang, Papua. Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) terjadi pada hari ini, selasa, 26 April 2016 pukul 11.19 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi bahwa pusat gempa berada pada 32 Kilometer. Yang mana pusat gempa berada di sebelah barat laut pegunungan Bintang, atau 90 kilometer timur laut Yahukimo. Atau bisa dikatakan 196 kilometer arah barat daya Jayapura. Dari situs resmi BMKG dinyatakan pusat gempa berada di kedalaman 134 Km.

Dilihat dari titik koordianat gempa berada pada 4,33 derajat Lintang Selatan dan 140,33 derajat Bujur Timur.

Agar masyarakat setempat tidak panic, BMKG menyatakan gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Hingga kini belum diketahui adanya kerusakan bangunan maupun korban jiwa di sekitar pusat gempa.

Sebelumnya diberitakan gempa berkekuatan 7,8 SR telah mengguncang Ekuador. Gempa ini terjadi hari Minggu 18 April 2016.

Pusat gempa berada di subduksi lautan. Tetapi lokasi dinyatakan dekat dengan daratan. Yang mana pusat gempa di kedalaman 19,2 km.

gempa
gunung bintang

Daryono selaku kepala bidang mitigasi BMKG menyatakan  peristiwa yang terjadi dijadikan sebagai pelajaran untuk Tanah Air.

Daryono bahkan menyatajan saat ini Indonesia dikepung  gempa bumi dari berbagai arah. Jika dibandingkan dengan Ekuador, ancaman gempa bumi Indonesia lebih besar dilihat dari subduksi lempengnya.

Hal ini dilatarbelakangi subduksi pertemuan dua lempeng terdapat di sepanjang pantai barat Sumatera, pantau selatan Indonesia, dan sebelah Utara Sulawesi.

Sehingga wajar jika Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi sering mendapat ancaman guncangan gempa bumi. Tak lain disebabkan oleh subduksi lempeng yang aktif.

Sebut saja tahun 2004, gempa melanda Aceh dengan kekekuatan 9.1 SR. gempa bumi tersebut diakibatkan oleh adanya aktivitas di daerah subduksi. Akibatnya 230 ribu jiwa melayang dari 14 negara akibat tsunami.

baca juga

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …