Home / Kejadian / Berita Terkini: Gempa 5 SR Bitung Sulawesi Utara Tak Berpotensi Tsunami, Warga Panik Gempa Susulan!!
Gempa terkini
sumber : BMKG

Berita Terkini: Gempa 5 SR Bitung Sulawesi Utara Tak Berpotensi Tsunami, Warga Panik Gempa Susulan!!

Gempa 5 SR Getarkan Bitung, Gempa Tibet Hancurkan Bangunan Dan Longsor!!

Dotekno.comGempa Bumi kembali mengguncang daerah Bitung, Sulawesi Utara. Getaran dengan kekuatan 5 SR membuat warga panik.

Dari data yang dilansir oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat getaran berada di 11 kilometer bawah permukaan laut.

Gempa yang terjadi di Bitung ini dirasakan warga sekitar pukul 04.39 pagi ini, Kamin 12 Mei 2016. Dari lokasi pusat gempa berada di wilayah 89 kilometer arah timur laut Bitung, Sulawesi Utara.

Meski berkekuatan cukup besar, BMKG tidak menyatakan adanya tsunami. Meski demikian warga masih panik jika terjadi guncangan susulan.

Sementara itu kemarin tanggal 11 Mei 2016, getaran bumi juga mengguncang wilayah pegunungan Tibet di China. Dengan kekuatan 5,5 SR terjadi pukul 09.15 waktu setempat.

gempa
runtuhan akibat gempa Tibet

Dari situs sumber terpercaya, pusat gempa Tibet berada di kedalaman 10 KM Kota Kata. Yaitu kurang lebih berjarak 1100 KM dari Beijing. Wilayah tersebut sangat dekat dengan perbatasan antara Tibet dan Provinsi Qinghai, bagian utara.

Guncangan di Tibet mengakibatkan rumah warga rusak, tanah longsor. Kerusakan tersebut membuat jalan tertutup. Jumlah korban terlukan akibat runtuhan bangunan mencapai 6 orang.

Hingga kini, petugas penyelamat, petugas media, dan polisi masih berusaha memperbaiki lokasi yang rusak. Dikawatirkan masih ada korban tertimbun reruntuhan bangunan.

Otoritas setempat melaporkan adanya dua orang terluka yang tergeletak di jalan. Tetapi upaya pertolongan terhambat karena akses jalan menuju lokasi desa Guodong mengalami rusak berat.

Ditinjau dari letak geografi, Tibet adalah wilayah pegunungan yang lokasinya berada di kaki bukit Himalaya. Wajar jika zona ini kerap diguncang getaran bumi. Sebelumnya, di tahun 2010, guncangan yang terjadi di Yushu menelan korban hingga 3.000 jiwa.

baca juga : 

Berita Terkini: Gempa Bumi 5,6 SR Mengguncang Pegunungan Bintang Papua!!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

gempa

Berita Terkini: Gempa Guncang 3 Wilayah Dalam Sehari, Ini Penjelasan BKMG !

Dalam Sehari Terjadi 3 Gempa Di Wilayah Berbeda ! Dotekno.com– Rabu malam tepatnya 24 Mei …