Home / Kejadian / Berita Terkini: Bom Thailand Rusak Perayaan Ulang Tahun Ratu Sirikit !
thailand
ulang tahun ratu sirikit ke 84

Berita Terkini: Bom Thailand Rusak Perayaan Ulang Tahun Ratu Sirikit !

Pelaku Bom Thailand Ditahan, Diduga Dilatarbelakangi Konflik Internal !

Dotekno.com- Terkait ledakan beberapa bom di Thailand, pihak kepolisian telah mengamankan dua orang. Sebelumnya diberitakan, bom meledak pada hari Kamis dan Jumat 11-12 Agustus 2016 di lima provinsi. Akibat ledakan bom tersebut, telah memakan korban tewas 4 orang, dan 35 orang lainnya mengalami luka- luka.

Meski telah diamankan namun belum ada informasi detail terkait ledakan bom tersebut. Penegak hukum Thailand menjelaskan, ledakan bom di hari ulang tahun Ibu Ratu bukan termasuk terorisme melainkan sabotase lokal.

Sedangkan Mayor Jenderal Piyaphan Pingmuang, selaku wakil juru bicara Kepolisian Thailand juga menegaskan di negaranya tidak terjadi konflik terkait masalah antar suku dan agama. Apalagi sejauh ini Negeri Gajah Putih tersebut tidak pernah mengalami ancaman terkait ISIS seperti negera maju di Eropa.

Dari hasil penyelidikan sementara, bom yang meledakkan daerah Prachuap Khiri Khan, Phuket, Trang, Surat Thani, dan Phangnga tidak memiliki kaitan dengan pemberontakan provinsi lainnya. Diketahui ketiga provinsi yang menyatakan memberontak adalah Yala, Pattani, dan Narathiwat.

thailand
ledakan bom

PM Prayut Chan O Cha menegaskan ledakan yang terjadi di Thailand berawal dari konflik internal. Tak lain bertujuan agar kondisi di negara menjadi kacau.

Sebelum ledakan bom terjadi, warga Thailand telah menyatakan persetujuannya atas rancangan konstitusi baru. Dimana menurut junta militer rancangan tersebut akan membawa kestabilan di negerinya. Selanjutnya kepolisian belum dapat menyimpulkan apakah ledakan bom berturut- turut tersebut karena alasan politik atau karena hasil referendum.

Pihak keamanan sudah menangkap beberapa tersangka. Sayangnya piyaphan tidak menyebutkan jumlah tersangka yang diamankan. Beberapa stasiun TV Thailand memberitakan polisi menahan dua orang tersangka yang diduga melakukan ledakan bom.

Pada hari tersebut, 12 Agustus 2016, warga Thailand sedang merayakan hari ulang tahun Ratu Sirikit ke 84. Dimana hari tersebut dijadikan hari libur nasional dan juga Hari Ibu Thailand.

Serangkaian acara digelar seperti upacara keagamaan dan acara kemiliteran. Tak ketinggalan warga Thailand juga memakai pakaian serta mengecat rumahnya dengan warna biru, simbol hari jumat dan kelahiran sang Ratu.

Sangat disayangkan ledakan bom yang terjadi mengganggu persiapan perayaan ulang tahun sang Ratu. Padalah beberapa kementerian akan menggelar acara pameran dan acara penting lainnya.

baca juga:

Berita Terkini: Beredar Di Twitter Video Paska Ledakan Bom Madinah, Belum Ada Laporan Korban WNI !

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

gempa

Berita Terkini: Gempa Guncang 3 Wilayah Dalam Sehari, Ini Penjelasan BKMG !

Dalam Sehari Terjadi 3 Gempa Di Wilayah Berbeda ! Dotekno.com– Rabu malam tepatnya 24 Mei …