Home / Kejadian / Berita Terheboh: Sejarah Perayaan Bastille Day Nice, Perancis !
bastille day
perayaan bastille day

Berita Terheboh: Sejarah Perayaan Bastille Day Nice, Perancis !

Perayaan Bastille Day 2016, Perancis Dikepung Teroris!

Dotekno.com– Apa itu Bastille Day sebenarnya? Bastille merupakan nama sebuah benteng yang mengelilingi Paris tahun 1370. Kemudian benteng tersebut berubah menjadi penjara. Disebut Bastille Day karena untuk memperingati hari yang penuh bersejarah bagi orang Prancis.

Pada saat pemerintahan Raja Louis XVI, sejumlah musuh Monarki dipenjarakan di Bastille tanpa dilakukan persidangan. Keadaan berubah ketika rakyat melakukan pemberontakan. Pada tahun 1789, pemerintahan Monarki tidak dapat mengatasi tingginya pajak dan harga makanan yang melonjak.

Sebanyak 300 revolusioner menyerang penjara Bastille yang dianggap menjadi simbol kekuasaan raja. Perang sengit berhasil membunuh pemimpin penjara hingga bangunan runtuh. Sejak tanggal tersebut, 14 Juli 1789 ditetapkan menjadi hari libur nasional di Perancis. Sebagai tanda revolusi yang dimulai oleh rakyat melengserkan pemerintahan elit monarki.

Tahun berikutnya, 1790, orang Perancis merayakan momen revolusi dengan gaya Galia. Mereka menyebut Fete de La Federation. Sedangkan Bastille Day sendiri merupakan sebutan dari orang Inggris.

Dalam perayaan Bastille Day, rakyat dapat menikmati parade militer paling tua dan paling besar di Eropa. Parade ini digelar pagi hari. Sedangkan di malam hari, pertunjukkan kembang api terbesar digelar di La Tour Eiffel.

bastille day
truk tabrak kerumunan orang

Orang- orang bisanya mengucapkan kalimat Vide la France ! Vive la Republique sebagai inti perayaan Bastille Day. Sayangnya di tahun 2016 ini, perayaan termegah harus berakhir duka. Sebanyak 73 nyawa melayang dilindas truk.

Sebuah truk melaju dengan kencang menabrak kerumunan orang yang tengah menikmati pesta kembang api terbesar pada perayaan Bastille Day, Nice Prancis. Seperti dalam film, sayangnya aksi ini benar- benar nyata.

Christian Estrosi, Wali kota Nice menyampaikan sopir truk sengaja membunuh kerumunan orang tersebut. Dilanjutkan oleh keterangan Sebastian Humber, pejabat keamanan setempat, pelaku sudah di tembak. Sebelum tewas, baku tempat sempat terjadi antara aparat dengan sopir truk.

Seorang saksi mata menuturkan, truks menabrak apapun yang di depannya. Tiang, pohon bahkan manusia. Terlihat beberapa orang bergantungan di pintu truk untuk menahannya.

Aksi truk yang menewaskan puluhan jiwa diangap sebagai serangan teroris. Seperti yang diungkapkan presiden Francois Hollande. Seluruh Prancis berada dalam ancaman teroris.

baca juga:

Berita Terkini: Facebook Bantu Cari Korban Penembakan Orlondo Pakai Safety Check!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

gempa

Berita Terkini: Gempa Guncang 3 Wilayah Dalam Sehari, Ini Penjelasan BKMG !

Dalam Sehari Terjadi 3 Gempa Di Wilayah Berbeda ! Dotekno.com– Rabu malam tepatnya 24 Mei …