Home / Kejadian / Berita Terbaru: Gempa Terkini 2,8 SR Guncang Kolaka Sultra, Kerugian Gempa Pesisir Sumbar 15,2 M !
Gempa terkini
sumber : BMKG

Berita Terbaru: Gempa Terkini 2,8 SR Guncang Kolaka Sultra, Kerugian Gempa Pesisir Sumbar 15,2 M !

Gempa Terkini Guncang Kolaka Tak Berpotensi Tsunami, Hampir 2 ribu Bangunan Rusak di Sumbar!

Dotekno.comGempa terkini guncang Kolaka bagian tenggara, Sulawesi Tenggara (Sultra). Dengan kekuatan 2,8 SR pada hari Jumat 3 Juni 2016.

Berdasarkan informasi dari badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terkini terjadi pada pukul 17.27 WITA. Pusat gempa bumi berada di 4.10 derajat LS, 121.65 derajat BT. Atau 8.6 sebelah tenggara Kolaka. Pusat gempa terkini di Sulawesi Tenggara berada di kedalaman 10 kilometer.

BMKG juga menegaskan gempa terkini  yang mengguncang Kolaka tidak berpotensi tsunami. Sedangkan dampak gempa seperti korban jiwa dan bangunan belum diketahui.

Sementara itu Gempa terkini yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat berkekuatan 6,5 SR. Guncangan yang dirasakan warga cukup kuat. Akibatnya sejumlah bangunan mengalami kerusakan. Untuk korban jiwa tercatat belawan warga mengalami luka- luka.

gempa terkini
gempa di kolaka, sultra

Akibat gempa yang melanda kemarin pagi, terhitung 1.956 unit bangunan mengalami kerusakan. Hal ini disampaikan oleh Pagar Negara, Kepala Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana Sumatera Barat.

Mendekati angka 2000an bangunan yang rusak terdiri dari kerusakan ringan yaitu 1.431 unit. Bangunan rusak sedang 445 unit. Dan bangunan rusak berat sekitar 80 unit. Jumlah tersebut merupakan data sementara dari BPBD Pesisir Selatan.

Jika dinominalkan, kerusakan bangunan akibat gempa mencapai Rp 15.230.000.000,00. Selain bangunan rumah, guncangan juga mengakibatkan 3 bangunan sekolah dan kantor Wali Nagari mengalami kerusakan.

Beberapa warga mengalami luka saat hendak keluar rumah menyelamatkan diri. Saat ini korban sedang menjalani perawatan di RSUP M Djamil Padang, Sumbar Yakni Roslaini. Sedangkan di RSUD M Zein terdapat dua korban gempa yaitu Iwel dan rahmat Hidayat.

Sedangkan korban yang meninggal dunia atas nama Awaludin RS, warga Padang Utara, Kota Padang. Dari kronologinya, korban mengalami serangan jantungs aat terjadi gempa. Hingga akhirnya tewas satu jam usai gempa. Korban luka- luka disebabkan tertimpa perabotan rumah. Diantaranya mengalami patah tulang.

baca juga :

Berita Terkini: Gempa 5 SR Bitung Sulawesi Utara Tak Berpotensi Tsunami, Warga Panik Gempa Susulan!!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

gempa

Berita Terkini: Gempa Guncang 3 Wilayah Dalam Sehari, Ini Penjelasan BKMG !

Dalam Sehari Terjadi 3 Gempa Di Wilayah Berbeda ! Dotekno.com– Rabu malam tepatnya 24 Mei …