Home / Kejadian / Berita Hari Ini: Gempa Terkini Guncang Sumba Barat Daya 4,6 Sr!
Gempa terkini
sumber : BMKG

Berita Hari Ini: Gempa Terkini Guncang Sumba Barat Daya 4,6 Sr!

Bmkg Nyatakan Gempa Terkini Dan Rentetan Fenomena Alam Sudah Biasa Terjadi!

Dotekno.com– Senin 13 Juni 2016, Gempa terkini guncang Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Peristiwa alam ini terjadi pukul 7.48.08 WITA.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Kupang menyatakan  posisi gempa terkini yang melanda NTT berada di titil 10.36 Lintang selatan dan 118.81 Bujur Timur.

Sumawan selaku Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kupang menerangkan gempa tersebut tepat berada 98 KM arah Barat Daya Sumba Barat Daya. Dengan kedalaman pusat gempa 10 KM.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan terkait kerusakan akibat gempa terkini di NTT. Selain itu belum diinformasikan apakah gempa berpotensi tsunami.

Sementara itu menurut data yang dihimpun BMKG, Indonesia mengalami guncangan gempa bumi yang mengakibatkan kerusakan dalam 10 hari terakhir. Bencana alam gelombang tinggi kerap menghantam pantai wilayah selatan Indonesia yang berakibat banjir rob.

gempa
gempa NTT

Seperti gempa bumi di Sumatera Barat dan bengkul pada 2 Juni 2016. Gempa terkini yang berskala 6,5 SR merusakkan dua ribuan bangunan rumah.

Gempa bumi di lempeng Laut Maluku berskala 6,4 SR yang terjadi 8 Juni 2016. Mengakibatkan puluhan rumah rusak di pulau Mayau dan Tifure, Maluku Utara.

Terakhir gempa bumi di samudera Hindia dengan kekuatan 6 SR di sebelah selatan Lombok yang terjadi 9 Juni 2016. Guncangannya sempat terasa di Bali, Lombok, Sumbawa, dan sebagian Jawa Timur.

Meski demikian, dua kejadian alam tersebut adalah hal yang biasa terjadi di negeri ini menurut Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan tsunami, Daryono.

Hal ini bisa saja terjadi karena letak Indonesia berada di zona tumbukan tiga lempeng utama dunia, letak geografis Indonesia juga berpenagruh pda karakteristik cuaca dan iklin yang khas.

Namun fenomena alam ini akan berhenti dengan sendirinya. Kondisi ekstrim meteo oseanografi berupa gelombang tinggi yang sedang terjadi maupun gempa bumi.

Nilai positifnya, Daryono mengajak agar kita dapat belajar memahami alam sekitar. Tak perlu kawatir jika fenomena alam terjadi di kemudian hari.

baca juga :

Berita Terbaru: Gempa Terkini 2,8 SR Guncang Kolaka Sultra, Kerugian Gempa Pesisir Sumbar 15,2 M !

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

gempa

Berita Terkini: Gempa Guncang 3 Wilayah Dalam Sehari, Ini Penjelasan BKMG !

Dalam Sehari Terjadi 3 Gempa Di Wilayah Berbeda ! Dotekno.com– Rabu malam tepatnya 24 Mei …