Home / News / Berita Hari Ini: Gempa Afganistan 6,8 SR Hanya 1 Menit Menewaskan 6 Orang!!
gempa afghanistan
korban tewas

Berita Hari Ini: Gempa Afganistan 6,8 SR Hanya 1 Menit Menewaskan 6 Orang!!

Gempa Afghanistan Terasa Di India, Beberapa Stasiun Dihentikan !!

Dotekno.com- Gempa Afghanistan mengguncang Pakistan dan perbatasan antara Afghanistan dan Tajukistan di wilayah Hindu Kush. Gempa Afghanistan tersebut berkekuatan 6,8 SR terjadi pada pukul 15.58 waktu setempat.

Akibatnya sekitar 6 orang meninggal dunia. Gempa Afghanistan tersebut hanya berlangsung 1 menit. Namun dampaknya membuat warga setempat mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Dari laporan badan meteorology setempat, gempa Afghanistan terletak di 39 KM dari Ashkasham. Tepat 282 kilometer arah timur laut dari Kabul, Afghanistan.

Laporan dari Eropa Mediterania Seismologi Centre guncangan hebat terjadi di wilayah 200 kilometer. Selain itu guncangan gempa Afghanistan terhebat terjadi di Peshawar, Chitral, Swat, gilgit, Faisalabad, dan Lahore.

Walaupun demikian, Omar Muhammadi, juru Bicara Otoritas manajemen bencana nasional Afghanistan di Kabul menuturkan tak ada laporan kerusakan dan korban jiwa lainnya.

Gempa Afghanistan ini juga dirasakan di India. Misalnya di Dehli dan ibu kota Kashmir dan Uttarakhand.  Akibatnya setelah guncangan terjadi, layanan kereta api metro di Dehli dihentikan sementara waktu. Hal ini untuk mencegah adanya korban jiwa.

gempa afghanistan,

Seorang warga di Sialkot Timur Pakistan mengaku merasa kipas angin di langit- langit rumah bergetar. Seisi rumah terasa terguncang. Mereka berhamburan ke luar rumah. Tidak ada yang rusak.

Tetapi baginya ini merupakan kejadian mengerikan. Mereka berdoa agar tak ada gempa susulan. Tak hanay gempa, bencana longsor juga menjadikan sebuah ancaman serius.

Diketahui wilayah Hindu Kush yang merupakan perbatasan Pakistan dan Afghanistan adalah wilayah seismic. Tak heran jika gempa kerap terjadi di wilayah tersebut hamper keseluruhan.

Pada tanggal 26 Oktober 2015 lalu gempa dahsyat juga melanda daerah tersebut. gempa dengan kekuatan 7,5 SR. dampaknya 300 orang tewas dan ribuan rumah hancur.

Sekitar 1 dekade, gempa juga mengguncang bagian utara Pakistan dengan kekuatan 7,6 SR. gempa tersebut menelan korban jiwa hingga 75.000 orang.

baca juga :

Terjadi Gempa Bumi 7,1 SR Di Asia Barat Daya

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …