Home / News / Berita Hari Ini: Begini Kondisi Erupsi Gunung Bromo Berlangsung, Wisatawan Tak Diizinkan Masuk Ke Radius 1 Km !!
bromo.
wisatawan menikmati erupsi bromo

Berita Hari Ini: Begini Kondisi Erupsi Gunung Bromo Berlangsung, Wisatawan Tak Diizinkan Masuk Ke Radius 1 Km !!

Aktivitas Warga Tak Terganggu, Sektor Ekonomian Pertanian Diprediksikan Turun !!

Dotekno.com– Hingga saat ini Gunung Bromo masih mengalami Erupsi. Aktivitas yang ditimbulkan masih fluktuatif. Akibatnya beberapa desa diguyur hujan abu tipis.

Gede Suantika, Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung api Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi  (PVMBG) mengatkan kondisi Bromo hingga kini masih naik turun.

Berdasarkan pantauan Pos PGA Gunung Bromo pada pagi hari ini diselimuti asap putih kelabu kecoklatan. Asap tersebut membumbung ke atas dengan ketinggian sekitar 900- 1.500 meter dari puncak. Sedangkan abu vulkanis mengarah ke barat daya dan timur.

Selain asap, suara gemuruh dan dentuman juga masih terdengar dari kawah Bromo. Sinar api tampak dalam kawah.

Hasil rekaman seismic hari kemarin 13 April 2016 menunjukkan adanya gempa tremor amax dengan kisaran 0,5 – 21 mm cenderung 2 milimeter. Sebanyak delapan kali VB Amax 11- 21 milimeter. Dengan durasi wakti kurang lebih 6 hingga 10 detik. Sebanyak 34 kali hembusan dengan Amax 10 – 36 milimeter. Sedangkan durasinya 17 – 52 detik.

bromo
batas aman wisatawan
bromo.
wisatawan menikmati erupsi bromo

Mulai 26 februari status Bromo dinyatakan waspada. Sedangkan awal bulan ini bromo mulai erupsi. Meski demikian warga sekitar Bromo tidak terpengaruh. Karenanya tidak perlu dilakukan tanggap darurat. Tetapi abu vulkanis yang terus emngguyur setiap hari menjadikan ancaman pertanian warga setempat.

Selain warga, wisatawan masih dapat menikmati keindahan Bromo. Tetapi mereka tidak diizinkan masuk ke radius 1 kilometer. Petugas balai Besar TNBTS dan TNI Polri siaga di bawah tangga naik ke kawah. Hal ini dilakukan untuk menghentikan wisatawan yang akan naik.

Untuk mengantisipasi adanya gangguan pernapasan BPBD menyediakan stok masker sekitar 10.000 lembar. Sebagian telah dibagikan ke beberapa kecamatan. Sehingga kecamatan dapat membagikan masker tersebut pada masyarakat saat hujan abu vulkanis turun.

Dwijoko Nurjayadi, Kepala BPBD Probolinggo menjelaskan hujan abu vulkanis dan lontaran material tidak mempengaruhi aktivitas warga Ngadisari Kec Sukapura. Hal ini disebabkan permukiman yang mempunyai jarak cukup aman dengan Gunung Bromo. Namun dampak erupsi akan terasa pada sector perekonomian.

baca juga :

Berita Hari Ini: Gempa Afganistan 6,8 SR Hanya 1 Menit Menewaskan 6 Orang!!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …