Home / Tips n Trik / Aplikasi Boros Kuota Internet, Apa Saja?
Aplikasi Boros Kuota Internet

Aplikasi Boros Kuota Internet, Apa Saja?

Aturlah 5 Aplikasi Boros Kuota Internet Ini, Begini Caranya!

Dotekno.com– Beberapa aplikasi boros kuota internet kerap ditemui pengguna Android maupun iOS. Faktanya setiap aplikasi memang mempunyai tingkat konsumsi data yang berbeda. Sejumlah aplikasi hanya menyedot kuota sedikit. Namun tak banyak aplikasi mobile yang membuat kuota internet anda cepat habis.

Kadangkala pengguna tidak sadar kuota internetnya sudah mau atau telah habis ketika keasyikan menggunakan satu aplikasi. Agar hal ini tidak terjadi, dotekno akan mengulas beberapa aplikasi boros kuota internet.

Berharap ketika pengguna telah mengenali aplikasi boros kuota internet, anda dapat mulai mengaturnya. Bagaimana caranya? Ada baiknya anda mengurangi pemakaian, memakai saat terhubung dengan wifi, atau mengaturnya untuk menonaktifkan fitur- fitur tertentu.

Berikut ini 5 aplikasi boros kuota internet:

  1. Facebook

Pengguna smartphone yang kerap mengecek Facebook setiap 5 menit sekali dipastikan kuota internet anda cepat habis. Karena selain pesan teks, aplikasi facebook juga berisikan foto dan video. Keduanya membuat kuota internet boros.

Saat anda mengecek facebook hampir 5 menit sekali, kejadian ini adalah paling buruk. Apalagi fitur autoplay video yang aktif. Dipastikan paket data anda cepat tekor.

Aplikasi Boros Kuota Internet
facebook

Facebook dinyatakan sebagai aplikasi boros kuota internet karena menyediakan video di linimasa. Penghematan pemakaian kuota internet dapat dilakukan jika anda mematikan fitur autoplay. Atau pengguna dapat menyeting fitur autoplay jika terhubung dengan wifi.

Jika hal ini tidak dilakukan, secara otomatis video di linimasa akan berputar. Tentu saja paket data terkuras.

  1. Twitter

Aplikasi boros kuota internet yang kedua adalah twitter. Memang kicauan yang tampil di linimasa terlihat pendek. Jika diamati, satu tweet maksimal 140 karakter saja.

Pengguna aplikasi twitter kadang merasa kuota internetnya tak tersedot habis meskipun banyak kicauan yang muncul. Dengan alasan kicauan tidak membutuhkan kuota yang besar.

Aplikasi Boros Kuota Internet
twitter

Tapi pengguna mungkin lupa, bahwa twitter juga mempunyai fitur autoplay video. Dengan membiarkan video berputar otomatis, dipastikan paket data internet tersedot habis.

Disarankan anda mematikan fitur autoplay video tersebut. Bagaimana caranya? Dengan menyentuh ikon titik tiga di sudut kanan aplikasi. Kemudian pilih menu Setting atau pengaturan, dan pilih tab data.

Selain cara di atas, untuk menghindari aplikasi boros kuota internet, anda dapat mengaktifkan autoplay video ketika terhubung dengan wifi.

Cara ketika, anda dapat mengatur aplikasi twitter untuk tidak menampilkan gambar atau foto.

  1. Instagram

Instagram terbilang sebagai aplikasi boros kuota internet. Pasalnya aplikasi ini juga menyuguhkan konten video. Bagaiman tidak, toh konten foto saja telah menguras kuota cukup besar. Apalagi adanya konten video.

Pengguna smartphone yang membiarkan video berputar secara otomatis. Membuat konsumsi kuota internet tersedot.

Aplikasi Boros Kuota Internet
instagram

Berbeda dengan twitter dan facebook, fitur autoplay video ini tak dapat dimatikan. Lantas bagaimana mensiasati agar terhindar dari aplikasi boros kuota internet?

Pergi ke menu setting, carilah tab dengan tulisan cellular data use di bagian bawah. Kemudian pilih, nyalakan fitur use less data. Jika sudah, tenanglah. Karena kuota internet anda akan lebih hemat.

Cara di atas tidak akan mematikan autoplay. Melainkan hanya membuat aplikasi instagram tidak memutar video ketika anda memakai koneksi internet seluler.

  1. Youtube

Youtube adalah aplikasi pemutar video. Sudah barang tentu jika anda membuka video dapat menyedot paket data anda.

Tapi jangan kawatir, paket data anda tak akan terkuras jika anda tidak membuka video. Karena Youtube tidak otomatis memutar video. Sehingga anda dapat memakai paket data sesuai kebutuhan.

Aplikasi Boros Kuota Internet
youtube

Bagaimana caranya agar aplikasi boros kuota internet ini tetap dapat dinikmati di smartphone? Aturlah Youtube pada resolusi video paling rendah. Kemudian nyalakan fitur play HD on wifi only.

Dengan demikian video youtube yang membutuhkan banyak kuota internet tidak dapat dimainkan jika anda menggunakan koneksi seluler.

  1. Spotify

Spotify adalah aplikasi streaming musik yang dapat memanjakan telinga penikmatnya. Kuota data anda dipastikan terkuras jika terus terusan memutar aplikasi lagu ini.

Namun jangan kawatir, anda dapat menikmati spotify dengan sedikit menghemat paket data. Karena aplikasi baru ini menawarkan fitur download untuk pengguna premium.

Dengan begitu anda dapat mengundug sejumlah album lagu favorit kemudian memutarnya tanpa menggunakan kuota internet.

Aplikasi Boros Kuota Internet
spotify

Lalu bagaiaman jika media penyimpanan atau memory gadget anda sedikit? Jangan kawatir, anda tetap dapat menikmati lagu dengan mendengarkan secara online. Dengan cara mengatur kualitas streaming musik untuk menghindari pemborosan paket kuota.

Begini caranya, anda masuk ke menu pengaturan spotify, pilih tab streaming quality. Jika sudah akan muncul pilihan otomatis, normal, high, extreme. Aturlah dengan memilih kualitas normal.

Demikian 5 aplikasi boros kuota internet yang dapat dotekno ulas. Dengan mengenalinya, anda dapat membuat pengaturan sehingga kuota tak tersedot habis. Semoga bermanfaat!!

baca juga :

Cara Agar Baterai Smartphone Awet dan Hemat!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

cara-hapus-kontak-ganda

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone Secara Otomatis Dotekno.com– Cara hapus kontak ganda di smartphone …