Home / Tips n Trik / Akibat Mengoperasikan Ponsel Ada Perubahan Ibu Jari Dan Kelingking!
akibat mengoperasikan ponsel
ibu jari membesar

Akibat Mengoperasikan Ponsel Ada Perubahan Ibu Jari Dan Kelingking!

Akibat Mengoperasikan Kelingking Muncul Syndrom Phantom Vibration!

Dotekno.com– Tahukan Anda akibat mengoperasikan ponsel terlalu sering? Ya, keseringan menekan tombol pada ponsel dapat berakibat ibu jari berubah bentuk menjadi lebih besar.

Tim peneliti melakukan pengamatan terkait akibat mengoperasikan ponsel terlalu sering. Tim peneliti  ini berasal dari oleh kalangan perusahaan pembuat ponsel asal Inggris, O2.

Dari 2000an responden yang diteliti, menghasilkan kesimpulan akibat mengoperasikan ponsel adalah ukuran ibu jarinya 15 persen lebih besar dari jari lainnya. Terutaman di tangan yang sering digunakan.

Dari responden yang berusia 18 – 34, 1 dari 8 orang mengalami pembesaran ukuran ibu jari akibat mengoperasikan ponsel secara terus menerus. Selain itu, pengguna ponsel juga mengalami jari kelingking agak melengkung.

Satu per tiga dari pengguna ponsel mengaku mengalami perubahan fisik akibat mengoperasikan ponsel. Dari risetnya, rata- rata setiap orang menghabiskan waktu 2 jam untuk mengoperasikan ponsel. Bahkan 19 persen orang mengaku tak dapat hidup jika tidak memegang ponsel meski satu hari saja.

akibat mengoperasikan ponsel.
syndrome phantom vibration

Nicola Goldsmith, seorang terapis tangan mengungkapkan otot ibu jari sangat kompleks. Terletak di dasar ibu jari dan terhubung dengan pergelangan. Sehingga aktivitas menggeser layar ponsel dapat meningkatkan kekuatan otot. Akibatnya ibu jari menjadi bertambah besar.

Hasil riset tida kenyebutkan apakah temuannya ini mengakibatkan kekawatiran atau hal yang biasa saja. Mengingat ponsel merupakan kebutuhan utama. Bisa jadi akibat mengoperasikan ponsel yang terjadi pada ibu jari dan kelingking adalah hal yang umum suatu saat nanti.

Sementara itu, dr Mudit Khanna, seorang ahli ortopedi menyatakan pembesaran otot ibu jari merupakan kecacatan. Hal ini dilatarbelakangi efeknya menimbulkan cedera.

Dengan analogi, jika otot tidak siap dipakai untuk swipping secara terus- terusan maka akan terjadi cedera. Tentu saja akan berpengaruh pada fleksibilitas dan terasa nyeri.

Selain ibu jari dan kelingking, akibat mengoperasikan ponsel terlalu sering adalah carpal tunnel syndrome pada pergelangan dan jari tangan, tendinitis serta arthritis.

Bahaya tersebut dapat diatasi dengan mengurangi pemakaian ponsel. Meski tidak mudah memisahkan pengguna dengan ponselnya.

Hasil riset juga menyebutkan 37 responden menyatakan tubuh mereka akan mampu beradaptasi dengan ponselnya. Seperti attachment atau biasa disebut perlekatan diri dengan ponsel. Dalam bahasa kesehatan disebut syndrom phantom vibration. Yakni gejala seseorang merasa ponselnya bergetar saat ada panggilan atau pesan. Tetapi sebenarnya tidak sedang bergetar.

baca juga:

Ganti  Password Facebook Anda Sekarang Juga Jika Masih Menggunakan Sandi Ini!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

cara-hapus-kontak-ganda

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone Secara Otomatis Dotekno.com– Cara hapus kontak ganda di smartphone …