Home / Tips n Trik / 4 Cara Jitu cegah Overheat Laptop
Overheat laptop
Picture By Google Image

4 Cara Jitu cegah Overheat Laptop

Cara Mencegah Overheat Laptop Sebelum Terlambat

Dotekno.com – Banyak masalah yang timbul bila laptop anda mengalami overheat atau kepanasan yang diluar sewajarnya. Bila hal itu terjadi akan berakibat buruk terhadap hardware dan masa umur pakai laptop tersebut. Kali ini dotekno akan membagi 4 cara jitu cegah overheat laptop. Berikut ulasannya.

  1. Beri Alas Keras dibawah Laptop

Cara pertama untuk mencegah overheat pada laptop. Dengan menjaga sirkulasi udara yang dihembuskan oleh kipas prosesor. Dengan meletakkan laptop diatas alas yang keras. Contohnya meja. Bila anda menggunakan laptop di tempat tidur jangan lupa memberinya juga alas yang keras semisal buku, lebih baik bila anda mempunyai meja lipat kecil. Agar laptop kamu tidak bersentuhan langsung dengan tempat tidur. Akan saya bahas di cara ke 4.

Hal ini memang terlihat biasa saja. Akan tetapi ini cara aman agar laptop kamu tetap normal temperaturnya.

  1. Melakukan Pengaturan Software pada Laptop

Cara yang ke-2 dengan cara. Melakukan beberapa perubahan terhadap software bawaan laptop. Caranya menonaktifkan mode performa agar laptop tidak bekerja dengan keras walaupun menjalankan software yang ringan. Dan mengaktifkan fitur hemat baterai bila laptop selalu digunakan dalam waktu yang lama.

Cara selanjutnya dengan mengurangi kecerahan pada layar. Hal ini juga untuk mengurangi konsumsi baterai agar tidak panas saat digunakan. Semakin kecil daya yang digunakan maka umur baterai juga akan bertahan lama dan stabil suhunya.

  1. Gunakan Cooling Mat atau Kipas Angin Eksternal

Apabila 2 cara diatas belum bisa mengurangi panas pada laptop. Cara ke-3 ini mungkin bisa meminimalisir. Dengan cara memasang kipas eksternal pada laptop.sekarang banyak kipas eksternal yang dipasang pada bawah laptop atau jika ingin lebih praktis lagi bisa menggunakan cooling mat. Cooling mat tersendiri terbuat dari kain yang didalamnya berisi butiran kristal polimer yang sangat mudah menyerap panas. Dan lebih bagusnya harga cooling mat sendiri lebih murah ketimbang kita beli kipas eksternal.

Cara paling murah meriah. Anda bisa menggunakan plat besi untuk alas laptop. Besi lebih mudah untuk mengikat panas. Bila anda ingin menggunakan plat besi pililah plat besi yang mempunyai bidang luas dan tebal agar panas yang dihasilkan laptop bisa terserap lebih maksimal.

  1. Jangan Gunakan laptop di Tempat Tidur

Cara terakhir dengan menghindari menggunakan laptop di tempat tidur. Sudah banyak kasus laptop meledak akibat overheat saat digunakan di tempat tidur. Hal ini bisa terjadi karena kipas prosesor tidak bisa memberikan sirkulasi udara ke dalam hardware laptop.  Karena bentuk kasur yang empuk mengikat panas laptop tapi tidak bisa tersalurkan dan mengakibatkan udara panas yang masuk ke kipas.

Itulah 4 cara jitu cegah overheat laptop sebelum terlambat. Dan merusak laptopmu yang berisikan data yang penting.

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

cara-hapus-kontak-ganda

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone Secara Otomatis Dotekno.com– Cara hapus kontak ganda di smartphone …