Home / Kejadian / Berita Terkini : Tragedi Mina Tewaskan Ratusan Jemaah Haji, Iran Tuntut Arab Saudi Tanggung Jawab!!!
Tragedi Mina Tewaskan Ratusan Jemaah Haji, Iran Tuntut Arab Saudi Tanggung Jawab

Berita Terkini : Tragedi Mina Tewaskan Ratusan Jemaah Haji, Iran Tuntut Arab Saudi Tanggung Jawab!!!

Tragedi Mina Tewaskan Ratusan Jemaah Haji, Iran Tuntut Arab Saudi Tanggung Jawab!!!

Dotekno.com– Pemerintah Arab Saudi, Raja Salman Bib Abdul Aziz menginstruksikan agar segera dilakukan pengkajian keamanan ibadah haji. Lantaran baru terjadi tragedy Mina. Dimana tragedy Mina ini menewaskan kurang lebih 717 jemaah dan 863 orang terluka.

Raja Salman segera membentuk komisi yang bertujuan menyelidiki tragedy Mina tersebut. Tragedy ini menelan korban paling banyak sejak 25 tahun terakhir.

Diantara ratusan korban yang tewas, tiga diantaranya adalah Jemaah haji WNI. Raja Salman mengatakan diperlukan tindakan untuk menambah tingkat pegorganisasian dan pengaturan terkait pergerakan para Jemaah haji.

Sementara itu, pemimpin Negara Iran, Ayatollah Ali Khamenei menyatakan bahwa pemerintah Arab Saudi harus bertanggung jawab atas insiden tragedy Mina ini.

Terdapat 95 jemaah asal Iran yang tewas dalam tragedy Mina. Jumlah ini bisa mengalami penambahan.

Menteri Kesehatan Arab Saudi menyalahkan para Jemaah yang bergerak melawan arus. Mereka dianggap tidak emmatuhi jadwal yang ditetapkan. Sehingga menyebabkan terjadinya tragedy Mina.

Tragedi Mina Tewaskan Ratusan Jemaah Haji, Iran Tuntut Arab Saudi Tanggung Jawab,,

Salah seorang Jemaah dari Mesir, Abdullah Lotfy mengatakan ada orang yang terjerembab mengenai orang berkursi roda. Kemudain beberapa orang lain terjerembab menimpa badan mereka.

Ia juga menuturkan orang-orang sampai berdiri di atas badan orang lain agar dapat bernapas. Bahkan banyak jenazah tergeletak dimana-mana.

Walaupun tragedy tersebut sungguh mengerikan, para Jemaah haji lainnya harus melanjutkan prosesi lempar jumrah.

Tragedy Mina ini merupakan kecelakaan kedua dalam serangkaian ibadah haji tahun ini. Dimana tahun ini jumlah Jemaah haji sebanyak lebih dari dua juta jiwa.

Sebelum tragedy Mina, insiden mengerikan juga terjadi di Masjidil Haram, ketika para Jemaah sedang beribadah. Tiba-tiba crane terjatuh sehingga menyebabkan ratusan Jemaah tewas. Dimana dari sekian banyak orang, ada 11 jemaah asal Indonesia yang tewas.

Hingga kini belum dapat diketahui rincian asal Negara dari para korban jiwa dalam tragedy Mina ini. Tahun 2006 yang lalu, musibah juga terjadi menewaskan 364 jiwa akibat Jemaah yang berdesak-desakan.

Semoga pemerintah Arab Saudi seegra mengambil tindakan untuk mengantisipasi terjadinya insiden.

baca juga :

 Berita Terbaru: Sorong Diguncang Gempa, Puluhan Orang Terluka Dan Ratusan Rumah Rusak !!!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …