Home / Tips n Trik / Tips Manfaatkan Media Sosial Dapatkan Pekerjaan, Penasaran? Telusuri Yuk !!
media sosial.

Tips Manfaatkan Media Sosial Dapatkan Pekerjaan, Penasaran? Telusuri Yuk !!

Tips Manfaatkan Media Sosial Dapatkan Pekerjaan, Penasaran? Telusuri Yuk !!

Dotekno.com– Pengguna internet atau netizen dapat memanfaatkan media sosial seperti facebook (FB), twitter, BBM dan sejenisnya untuk membantu atau menunjang karier.

Media sosial bersifat adiktif sebab dapat mengakomodasikan apa saja yang kita butuhkan, misalnya hiburan, interaksi social, informasi, dan sejenisnya.

Berikut ini tips yang dapat membantu kita memanfaatkan media sosial agar dapat memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang kita impikan.

  1. Menciptakan profil menarik

Linkedln atau Instagram merupakan media sosial yang dapat menggambarkan profil professional. Namun jangan salah, facebook (FB) dan twitter juga dapat menampilkan sisi professional kita.

Bagaimana caranya? pada FB dapat mencantumkan kata kunci strategis tentang industry kerja di kolom ‘minat’. Atau di profil twitter dengan menampilkan ringkasan pencapaian.

Akun media sosial dapat menjadi perpanjangan dari CV kita. Sehingga sangat perlu berhati-hati dalam menunjukkan citra diri sendiri. Apalagi jika kita ingin lingkungan korporat dengan budaya yang konvensional.

  1. Sikap proaktif

Berinteraksi dengan akun media sosial pemain dalam industry yang kita incar. Dengan cara mendekati mereka secara elegan. Misalnya memberi komentar yang positif dan pertanyaan cerdas.

Selain itu kita dapat member hashtag yang dapat menarik perhatian perusahaan tersebut. pada intinya cara ini untuk menunjukkan diri kita pada perusahaan yang kita incar.

media sosial

  1. Menggunakannya sebagai metode riset

Pada umumnya isi media sosial sebuah perusahaan menampilkan budaya dan gata kerja mereka.

Kita dapat mengikutinta untuk mengukur kecocokan terhadap budaya kerja mereka.

  1. Menciptakan networking

Kita dapat menjalin komunikasi dengan pegawai di perusahaan yang diincar. Cara ini merupakan metode efektif untuk memperoleh informasi tentang lowongan yang terbuka di perusahaan.

Perusahaan kadang kala mencantumkan informasi pencarian kandidat pegawai di akun media sosial mereka. Tetapi tidak semua lowongan akan diiklankan.

  1. Menjadi diri sendiri

Kita tidak perlu membuat persona palsu. Cukup menjadi pribadi sendiri. Dimana kepribadian kita terpancar dari karya dan profil di halaman akun media sosial kita. Kita perlu cermat memilah isi akun media sosial. Misalnya dengan memperhatikan unsure etika dan moral. Hal ini untuk menghindari resiko perusahaan ilfil melihat halaman media sosial kita.

baca juga :

Berita Terbaru : Gegerkan Media Sosial FB, Perempuan Cantik Jadi Satpam Bank BRI !!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

cara-hapus-kontak-ganda

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone Secara Otomatis Dotekno.com– Cara hapus kontak ganda di smartphone …