Home / Kejadian / Berita Terbaru: Sorong Diguncang Gempa, Puluhan Orang Terluka Dan Ratusan Rumah Rusak !!!
Sorong Diguncang Gempa, Puluhan Orang Terluka Dan Ratusan Rumah Rusak

Berita Terbaru: Sorong Diguncang Gempa, Puluhan Orang Terluka Dan Ratusan Rumah Rusak !!!

Sorong Diguncang Gempa, Puluhan Orang Terluka Dan Ratusan Rumah Rusak !!!

Dotekno.com- Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan nasional Penanggulangan bencana (BNPB) membenarkan adanya gempa bumi dengan kekuatan 6,8 skala richer (SR). gempa bumi ini mengguncang Kota Sorong, Papua Barat pada hari kamis 24/9 malam.

Akibat adanya gempa bumi ini banyak korban luka dan beberapa bangunan mengalami kerusakan.  Berdasarkan data yang diterima BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sorong dan BPBD Raja Ampat, terdapat 17 orang menderita luka berat dan 45 orang mengalami luka ringan.

BPBD sudah melakukan tindakan penanganan untuk para pengungi. Bagi korban luka sudah dilakukan perawatan di Rumah Sakit Sele de Solu Kota Sorong. Beberapa Posko darurat juga telah didirikan. Sayangnya BPBD Sorong tidak mempunyai tenda untuk menampung pengungsi.

Hingga kini tim masih melakukan pendataan. Diprediksikan korban dan jumlah kerusakan masih terus bertambah.

Sorong Diguncang Gempa, Puluhan Orang Terluka Dan Ratusan Rumah Rusak,

Saat dikonfirmasi, Kepala Pelaksana BPBD Kota Sorong, Petrus Korisano menuturkan tidak ada korban jiwa. Warga yang rumahnya rusak masih bertahan dengan membangun tempat pengungsian seadanya. Pemerintah provinsi hingga kini belum menyalurkan bantuannya.

Petrus menyampaikan setidaknya da 257 rumah rusak. Warga mengungsi menggunakan tenda seadanya yang terbuat dari terpal dan karpet.

Pusat gempa diketahui di laut dengan kedalaman 10 km dan episentrum berada di 31 Km Timur laut kota Sorong, papua Barat. Atau 68 KM Timur Laut Raja Ampat, Papua Barat.

Intensitas gempa yang dirasakan dalam skala IV-V MMI di Kota Sorong. Sedangkan di Raja Ampat dan Maybrat berskala III-IV. Di Manokwari gempa berskala II-III MMI.

SUmber gempa sedniri di daerah sesar Sorong. Meskipun berskala besar, namun gempa tidak berpotensi tsunami. Masyarakat Kota Sorong merasakan guncangan gempa cukup kuat, hamper 15 detik. Karena panic, masyarakat tengah malam berhamburan keluar rumah.

Pasien di rumah sakit dievakuasi ke luar gedung untuk menghindari keruntuhan bangunan. Menurut BMKG, saat ini gempa susulan mencapai 4,3 SR terjadi pukul 00.34. kemudian 4,1 SR, 4,3 SR, dan 4,4 SR. namun intensitasnya gempa sudah rendah yaitu skala II-III MMI.

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …