Home / Teknologi / Keunggulan Dan Kelemahan Teknologi Biometrik
biometrik
fingerprint

Keunggulan Dan Kelemahan Teknologi Biometrik

Teknologi Biometrik Dilihat Dari Segi Akurasi, Biaya, Dan Pandangan Sosial

Dotekno.com– Belakangan ini marak diberitakan penggunaan teknologi biometrik. Biometrik sendiri adalah salah satu Jenis teknologi yang dapat digunakan sebagai alat untuk membuka gadget. Dengan menggunakan teknologi biometrik, berarti telah membatasi orang- orang yang bisa masuk ke dalam ponsel pintar mereka.

Dalam dunia teknologi informasi, biometrik relevan dengan teknologi yang bisa dipakai untuk menganalisa fisik dan kelakuan manusia secara autentifikasi. Sejak peluncuran Galaxy Note 7 yang mengusung teknologi iris. Sistem berbasis biometrik autentifikasi iris ini kerap menjadi perbincangan di dunia maya.

Kali ini dotekno akan mengulas secara singkat keunggulan dan kelemahan sistem teknologi biometrik.

Berikut ini keunggulan teknologi  biometrik :

  1. Pengenalan wajah

Teknologi yang menggunakan pengenalan wajah untuk membuka ponsel pintar anda memiliki keunggulan yakni tidak mengganggu organ tubuh dan biayanya lebih murah jika dibandingkan pengenalan lainnya.

  1. Pengelanan suara

Sama seperti pada pengenalan wajah, sistem yang menggunakan pengenalan suara terbilang biaya lebih murah dan tidak mengganggu. Pada pengenalan suara ini membutuhkan waktu verifikasi sekitar lima detik. Dari segi sosial, pengenalan suara lebih banyak diterima masyarakat.

biometrik
pengenalan iris mata
  1. Pengenalan retina

Teknologi yang menggunakan pengenalan suara akan menghasilkan akurasi cukup tinggi. Dengan alasan tak ada cara untuk meniru retina masing- masing orang. Pada teknologi ini, mata dari orang yang telah meninggal kualitasnya memburuk.

  1. Pengenalan iris

Sama seperti pengenalan retina, sistem pengenalan iris ini mempuny waktu akurasi yang cukup tinggi dan mata orang yang telah meninggal akan memburuk. Secara waktu akurasinya lebih singkat dibandingkan pengenalan retina, yakni kurang dari lima detik.

  1. Finger print

Tak kalah dengan pengenalan iris dan retina, autentifikasi finger print cukup memiliki akurasi yang tinggi. Terbilang merupakan biometrik yang paling maju dan mudah digunakan. Selain itu hanya memerlukan ruang penyimpanan yang kecil.

Sayangnya dari sekian keunggulan, rupanya teknologi terbaru juga mempunyai kelemahan.

Kelemahan teknologi biometrik :

  1. Pengenalan wajah

Sistem pengenalan wajah ini terbilang cukup rumit. Pasalnya teknologi 2D membutuhkan peralatan kamera untuk identifikasi pengguna. Dalam pemakaiannya, dipengaruhi oleh beberapa keadaan misalnya pencahayaan, rambut pengguna, usia, terlebih orang yang memakai kacamata.

  1. Pengenalan suara

Cara identifikasi melalui pengenalan suara ini mudah direkam dan digunakan untuk media lain misalnya PC atau jaringan. Sehingga akurasinya rendah. Jika pengguna sedang mengalami gangguan flu atau pilek, dipastikan suara akan berubah dan identifikasinya sulit dilakukan.

biometrik
pengenalan retina
  1. Retina scanning

Pengidentifikasian melalui retina ini sangat menganggu. Selain itu, masyarakat banyak berpikir teknologi ini bisa membahayakan mata.

  1. Pengenalan iris

Meski tingkat akurasinya tinggi, teknologi ini membutuhkan biaya mahal dan memerlukan banyak data yang akan disimpan.

  1. Fingerprint

Ketika kulit kering atau kotor, pengidentifikasian terganggu. Apalagi model sidik jari ini lebih banyak digunakan terkait masalah kriminal. Sehingga banyak orang beranggapan model finger print cukup mengganggu.

Demikian keunggulan dan kelemahan teknologi biometrik yang dapat diulas. Semoga bermanfaat.

baca juga:

Bulan September, Google Chrome Buang Adobe Flash

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

harga-promo

Berita Terkini: Harga Promo Suzuki GSX S150 dan GSX R150 Diperpanjang Hingga Juli !

Dilabeli Motor Sport Paling Murah, Harga Promo GSX Series Diperpanjang! Dotekno.com– Harga Promo Suzuki GSZ …