Home / Tips n Trik / Ingin menghemat Kuota Internet di Smartphone?, Ikuti 4 Cara ini
Menghemat Kuota Internet
Pictures By Google Image

Ingin menghemat Kuota Internet di Smartphone?, Ikuti 4 Cara ini

Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Kamu

Dotekno.com – semakin banyaknya media online yang belakangan ini mudah di akses melalui media smartphone. Kebutuhan akan kuota internet juga semakin besar. Untuk itu kita harus bisa menghemat kuota internet. Jangan sampai Tanpa kita sadari saat kita lagi senang mengakses situs atau menggunakan aplikasi semacam Whatsapp atau BBM. Tiba-tiba ada pemberitahuan dari operator bahwa kuota internet kita sudah habis.

Untuk itu kita harus mengontrol pemakaian kuot internet / paket data kita agar tidak kebobolan yang membuat kita semakin boros dalam penggunaannya.

Belakangan ini, banyak provider komunikasi yang menjual paket internetnya dalam dua kategori. Berdasarkan kuota atau unlimited. Tapi sebenarnya hal itu sama saja tetap ada namanya batas wajar pemakaian.

 Hanya saja untuk paket unlimited kita tetap bisa menggunakan internet.degan kecepatan yang diturunkan dan untuk paket kuota saat sudah habis kuotanya koneksi internetnya langsung terputus dan kita harus membeli kuota lagi untuk dapat menggunakannya kembali.

Akan tetapi ada juga provider yang menyediakan paket unlimited tanpa ada Fair Usage Policy (FUP). Yang penggunaanya tak perlu khawatir akan kehabisan kuota. Dan tetap lancar untuk browsing dan streaming video. Meskipun begitu harga yang  ditawarkan juga masih terbilang mahal untuk bisa menikmatinya.

Maka dari itu kita harus bisa menghemat kuota internet. Agar tidak boros dalam penggunaanya. Dan lebih pintar untuk mengunakannya. Gunakan koneksi Wi-Fi bila mendapatkan koneksi gratis.

Kali ini dotekno akan membagi 4 cara menghemat kuota internet di smartphone kamu. Agar bisa membantumu menghemat kuota / paket data. Berikut caranya.

  1. Monitor Penggunaan Data

Sebelum melakukan penghematan data. Kita harus mengenali kuota internet yang kita beli. Banyak dihabiskan untuk mengakses apa. Apakah digunakan untuk browsing, sosial media, bermain game, atau menggunakannya untuk streaming video di Youtube. Apalagi menggunakan koneksi data untuk mendownload aplikasi dan game yang ukurannya besar.

Pengguna bisa dengan mudah memonitor hal itu pada menu pengaturan yang ada pada masing-masing ponsel. Baik itu Android, iOS maupun Windows Phone.

Ketika dibuka menu tersebut menampilkan data aplikasi mana saja yang banyak meyendot kuota internet anda.

Menghemat Kuota Internet

Setelah kita mengetahui aplikasi mana saja yang boros kuota. Kita akan lebih mudah untuk menggunakan aplikasi yang boros kuota tersebut. Apakah menggunakannya saat mendapatkan akses interner pada jaringan Wi-Fi. Atau menggunakannya seperlunya saja.

  1. Nonaktifkan fitur Update Otomatis

Fitur Update Otomatis yang tersedia saat ini memang mempermudahkan kita melakukan update aplikasi atau sistem smartphone kita. Tanpa kita ribet harus mendownloadnya satu-satu. Tapi sebenernya fitur ini tidak bersahabat bila kuota internet kita sedikit. Dan malah menjadi jebakan buat kita yang ingin menghemat kuota internet.

Sebaiknya untuk menggunakan fitur ini. Kita bisa mensetingnya di menu pengaturan. Agar fitur update otomatis ini berkerja bila smartphone kita terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi. Tidak dengan jaringan Mobile.

  1. Mengurangi Download Aplikasi atau Game Berukuran Besar

Cara yang ke-3 yaitu dengan mengurangi mendownload aplikasi atau game yang berukuran besar. Banyak sekarang game atau aplikasi yang grafisnya sangat bagus. Hal itu membuat ukuran dari game atau aplikasi itu ukurannya sangat besar. Bisa saya beri contoh aplikasi Facebook saja berukuran 124 MB saat diinstal dan itu belum saat aplikasi itu meminta pembaharuan.

  1. Pintar Dalam Streaming Video

    Menghemat Kuota Internet
    Pictures By Google Image

Cara yang terakhir untuk menghemat kuota internet adalah dengan cara. Selektif jika ingin streaming video lewat Youtube. Karena streaming video itu paling banyak memakan kuota internet smartphonemu.

Ada 2 cara bila anda ingin tetap menikmati streaming video. Yang pertama anda bisa mendownload video tersebut saat smartphonemu terhubung dalam jaringan Wi-Fi. Dan anda bisa memutarnya berulang kali tanpa perlu terhubung ke situs video tersebut.

Cara kedua bila and tetap ingin streaming video dengan menggunakan kuota internet. Anda bisa melakukan perubahan kualitas video ke 140p jangan pilih yang 1080p. Meskipun nanti video yang ditampilkannya tidak sebagus kualitas 1080P. Tapi hal itu sangat bagus untuk menghemat kuota internet anda.

Itulah 4 cara yang bisa anda coba bila ingin menghemat kuota internet pada smartphone anda. Semoga cara yang dotekno share ini bermanfaat bagi anda.

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

cara-hapus-kontak-ganda

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone

Cara Hapus Kontak Ganda Di Smartphone Secara Otomatis Dotekno.com– Cara hapus kontak ganda di smartphone …