Home / News / Google Doodle Hari Ini Peringati Ultah Oskar Fischinger, Pembuat Animasi Musikal Abstrak
Oskar-Fischinger
copyright©google image

Google Doodle Hari Ini Peringati Ultah Oskar Fischinger, Pembuat Animasi Musikal Abstrak

Oskar Fischinger Pembuat Animasi Visual Sebelum Komputer Grafis

Dotekno.comGoogle Doodle hari ini 22 Juni 2017 dipersembahkan untuk merayakan hari Ulang Tahun Oskar Fischinger ke 117. Siapakah sosok Oskar Fischinger hingga mesin pencarian raksasa Google turut memperingatinya?

Adalah pemilik nama lengkap Oskar Wilhelm Fischinger yang lahir pada tanggal 22 Juni 1900 di Jerman. Ia merupakan pembuat animasi abstrak, film, dan juga sebagai pelukis. Sosoknya menjadi terkenal di dunia seni atas karyanya membuat animasi musikal abstrak. Tentunya ini sebelum munculnya komputer grafis, dan video musik.

Saat membuka halaman pertama Google.com, Anda akan disuguhi Google Doodle berupa karya seni abstrak. Saat  diklik, Anda seolah dibawa ke permainan membuat komposisi musik sederhana. Klik disekitar tombol, musik akan keluar disertai visual menarik.

Sebelum memulai permainan komposisi musik di Google Doodle. Sekilas kamu akan membaca kutipan yang pernah diucapkan oleh Oskar Fischinger. “Musik tidak hanya berupa suara. Dalam dunia visual, musik hadir dalam bentuknya sendiri”

Oskar-Fischinger
copyright©Laguna

Dalam keterangan Google Doodle hari ini menyatakan jika Oskar Fischinger merupakan sosok yang menjulang tinggi, khususnya di area animasi dan motion graphics. Bahkan Fischinger menjadi terkenal berkat kemampuannya mengkombinasikan visual abstrak tanpa cela yang disinkron dengan musik. Detail setiap frame digambar dan difoto dengan tangan secara hati- hati.

Sekilas kisahnya, Oskar Fischinger meninggalkan Jerman pada tahun 1936. Saat itu ia tidak bisa membuat film di negara kelahirannya. Dari Jerman ia beranjak ke Amerika Serikat. Di negara tersebut, karyanya lebih dihargai oleh para pegiat film Hollywood. Ia akhirnya memutuskan pindah ke Los Angeles usai perang.

Pada tahun 1929, Oskar Fischinger membuat efek film Woman In The Moon. Istimewanya dalam prosesnya melibatkan roket. Dan ini merupakan salah satu film sci fi yang pertama. Sepanjang karirnya, Fischinger membuat 50 film pendek dan melukis 800 lukisan.

Sementara itu film animasi abstrak yang paling terkenal adalah Motion Painting no 1 pada tahun 1947. Dua puluh tahun kemudian tepatnya pada tanggal 31 Januari 1967, Fischinger meninggal di usianya yang ke 66.

baca juga:

Berita Terkini: Google Doodle Hari Ini Tampilkan Ilustrasi Musim Mudik 2017

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …