Home / Kejadian / Berita Terkini : Pantai Di Australia Hilang Seluas Lapangan Sepakbola, Pengunjung Dilarang Mendekat !!
lubang telan pantai..

Berita Terkini : Pantai Di Australia Hilang Seluas Lapangan Sepakbola, Pengunjung Dilarang Mendekat !!

Berita Terkini : Pantai Di Australia Hilang Seluas Lapangan Sepakbola, Pengunjung Dilarang Mendekat !!

Dotekno.com– Sebuah Pantai di Australia tiba-tiba hilang. Lubang sebesar lapangan sepakbola muncul dan menelan kawasan pantai sebelah tenggara Queensland.

Tentu saja fenomena langka ini membuat tim penjaga pantai panik. Ia mengingatkan orang-orang agar menjauh dari lokasi tersebut.

Seorang juru bicara Surf Life Saving, Queensland menyatakan bahwa terdapat lubang besar menganga. Lubang tersebut diperkirakan seluas 100 meter tepatnya di Pulau Stradbroke Utara. Dugaan sementara lubang tersebut muncul karena pasir yang tidak stabil.

Juru bicara yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa ada arus yang sangat kuat di air dan pasir sehingga keadaan menjadi tidak stabil.

Tak hanya itu, arus tersebut ternyata juga membahayakan para pengunjung pantai yang berenang. Pergerakan air yang kuat membuat perenang bisa terbawa arus ke tengah laut.

lubang telan pantai

Walaupun lubang raksasa ukurannya cukup luas. Namun peneliti dari Universitas Queensland Konrad Beinseen menegaskan bahwa fenomena ini biasa terjadi.

Konrad meneliti lubang-lubang sejenis. Ia menyimpulkan fenomena alam tersebut akan terjadi dengan kondisi yang tepat.

Lubang muncul ketika jurang pasir bawah air muncul ke kondisi sebelumnya. Kadang kadang fenomena ini mencapai tepi dan meruntuhkan pantai. Kemungkinan besar lubang ini akan bertambah luas.

Sementara itu pada akhir bulan September yang lalu, 300 wisatawan diungsikan dari pantai Inskip Point. Pantai tersebut lokasinya dekat dengan Pulau Fraser, Queensland. Hal ini dikarenakan adanya sinkhole (lubang runtuhan) yang muncul secara tiba-tiba.

Fenomena tersebut tidak menyebabkan korban jiwa. Lubang raksasa hanya menelan sebuah mobil, caravan, trailer camping, dan tenda para wisatawan. Diprediksikan sinkhole memiliki kedalaman 3 meter namun belum stabil.

Casey Hughes menuturkan kedengaran seperti suara guruh. Orang-orang yang berada di tepi lubang berupaya menarik mobil van mereka.

Kejadian ini membuat wisatwan cukup terguncang. Bisa jadi reputasi Inskip Point menurun. Seorang ahli geoteknik, Allison Golsby dalam mengamatannya menyatakan lubang runtuhan tersebut bisa terjadi sewaktu-waktu. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan topografi di daerah tersebut tidak stabil.

baca juga :

Berita Terkini: Gempa 5,5 SR Guncang Kota Bitung, Sulut- Gempa Halmahera Tipe Swarm Tak Berpotensi Tsunami !!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

gempa

Berita Terkini: Gempa Guncang 3 Wilayah Dalam Sehari, Ini Penjelasan BKMG !

Dalam Sehari Terjadi 3 Gempa Di Wilayah Berbeda ! Dotekno.com– Rabu malam tepatnya 24 Mei …