Home / News / Berita Terkini : Jika Anggota BPJS Ditolak Rumah Sakit, Lakukan Hal Ini !!!
bpjs

Berita Terkini : Jika Anggota BPJS Ditolak Rumah Sakit, Lakukan Hal Ini !!!

Berita Terkini : Jika Anggota BPJS Ditolak Rumah Sakit, Lakukan Hal Ini !!!

Dotekno.com– Maraknya peserta BPJS Kesehatan yang di tolak rumah sakit ternyata karena terjadi pola perubahan manajemen Rumah Sakit di era JKN. Hal ini diakui oleh Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI). PERSI sendiri merupakan sebuah asosiasi pendorong fasilitas kesehatan.

Tonang Dwi Ardyanto selaku Perwakilan Pengurus PERSI mengatakan bahwa selama JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) mengalami banyak perubahan manajemen rumah sakit dari era sebelumnya. Selain itu Belum semua rumah sakit mengerti dengan regulasi JKN yang telah dibuat.

Terjadinya penolakan tersebut sangat tidak merata. Hal ini karena banyaknya pasien yang menjadi peserta BPJS Kesehatan yang sudah tertolong. Banyaknya pasien yang belum tertolong akan di data. Sehingga data valid untuk angka klaim dapat tersedia.

bpjs.

PERSI akan berusaha memperbaiki pelayanan berdasarkan harapan roadmap JKN yang harus disukseskan lima tahun ke depan. Rumah sakit akan diberikan pelatihan dalam sosialisasi sepanjang waktu yang dibutuhkan.

Sementara itu pemerintah telah memberikan kepercayaan pada BPJS Kesehatan untuk menjalankan JKN kepada masyarakat di Tanah Air. Kepercayaan pemerintah pada BPJS terhitung sudah dua tahun Tetapi sampai saat ini kerap terjadi disparitas di Rumah Sakit.

Fachmi Idris selaku Direktur BPJS Kesehatan mengaku banyak pasien yang ditolak Rumah Sakit. Sehingga pada tahun 2016 akan diusahakan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.

Saat ini pihaknya tengah mengatur cara untuk meningkatkan pelayanan pada tahun 2016. Dengan harapan tahun deoan tidak terjadi lagi penolakan pasien apalagi harus mempertaruhkan nyawa seseoranng.

Lalu apa yang akan dilakukan pasien atau keluarga pasien jika ditolak oleh Rumah Sakit? Fachmi menambahkan jika pasien ditolak maka segera lakukan komunikasi dan lapor ke kantor BPJS Kesehatan secepatnya. Dengan begitu pihaknya akan segera mengkaji pada bagian mana letak kesalahan. Jika kesalahan telah diketahui maka akan dengan mudah mencari solusi.

Terhitung lebih dari 1700 RS telah menjadi anggota yang hingga kini masih menghadapi tahap belajar. Dimana RS harus memahami semua program jaminan social. Tonang juga menambahkan akan melakukan bimbingan teknis untuk menambah pemahaman umum misalnya menyusun pola tariff dan menyusun standar pelayanan.

baca juga : Berita Terkini : BPJS Kesehatan Bagikan 87 Juta KIS Untuk PBI Seluruh Indonesia !!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …