Home / Teknologi / Berita Terkini: Jarak Juno Probe  dengan Planet Yupiter Bulan Semakin Dekat Bulan Ini !!
juno probe
google doodle hari ini Juno probe

Berita Terkini: Jarak Juno Probe  dengan Planet Yupiter Bulan Semakin Dekat Bulan Ini !!

Para Ahli Kawatir Juno Probe Kehabisan Pasokan Energi !

Dotekno.com– Siapakah Juno Probe yang dijadikan Google doodle hari ini? Probe merupakan satelit pemantau. Sedangkan Juno adalah gambaran dari planet Jupiter.

Selasa 5 Juli 2016, mesin pencarian raksasa Google memajang Juno Probe di laman pertamanya. Anda dapat melihat tampilan doodlenya di halaman pertama dengan mengetik google.com.

Rupanya Google sedang menyambut misi NASA dalam peluncuran satelit. Diperkirakan dalam waktu dekat, akan mencapai planet terbesar Jupiter. Dilaporkan sebelumnya, jarak Juno probe dengan Jupiter pada tanggal 4 Juli 2016 sangat dekat.

Dikutip dari Tech Inside, apabila Juno sukses berada di posisi paling dekat dengan Jupiter. Dengan demikian NASA berharap misinya ini akan membawa dampak positif. Terutama perspektif umat manusia tentang alam semesta.

juno probe
satelit NASA

Dalam misinya, Juno akan mempelajari lapisan atmosfer di Jupiter. Hasilnya akan membantu ilmuwan untuk mengungkap apakah planet Jupiter ini mempunyai “sesuatu” yang belum diketahui manusia.

Satelit Probe digerakkan oleh propeller sejumlah 3 buah yang luasnya seukuran dengan lapangan basket. Di atasnya terdapat panel surya yang mampu menyerap energi matahari sebagai sumber tenaga utama. Dalam satu menit, propeller dapat berputar 3 kali.

Kemampuan yang dimiliki propeller ini membuat Juno probe menuju Jupiter dengan  lebih cepat. Meski menyimpan beberapa kelebihan, Juno Probe dikawatirkan kehabisan sumber dayanya.

Selain berkemampuan cepat, Probe ini juga mempunyai kamera khusus untuk mengintai foto- foto yang resolusinya tinggi. Sebut saja JADE (Jovian Auroral Distribution Experimen). Alat ini akan menyelidiki fenomena aurora Jupiter yang belum terkuak hingga kini.

Karena Jupiter hanya menerima cahaya matahari cukup sedikit, para ahli kawatir Juno kekurangan pasokan energi. Berbeda halnya dengan New Horizons yang mengorbit ke Pluto. Saat itu probe jenis ini ditenagai oleh Plutonium.

baca juga :

Berita Terkini : Google Doodle hari ini Peringati Phoebe Snetsinger

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

harga-promo

Berita Terkini: Harga Promo Suzuki GSX S150 dan GSX R150 Diperpanjang Hingga Juli !

Dilabeli Motor Sport Paling Murah, Harga Promo GSX Series Diperpanjang! Dotekno.com– Harga Promo Suzuki GSZ …