Home / News / Berita Terkini: Inilah Pelaku Peretasan Akun Yahoo Akhirnya Tertangkap
yahoo

Berita Terkini: Inilah Pelaku Peretasan Akun Yahoo Akhirnya Tertangkap

Tertangkapnya Peretas Akun Yahoo, Membuat Verizon Memberi Diskon

Dotekno.com– Sebanyak 500 juta akun yahoo diretas hacker. Atas kasus ini FBI menyatakan bahwa Hacker memakai cara rekayasa sosial pada semi provileged salah satu karyawan Yahoo! Seperti yang dikatakan agen FBI, Malcolm Palmore pada Ars Technica. Hacker peretas akun Yahoo menggunakan email spear phishing. Sehinga mereka mendapatkan kepercayaan dari para karyawan yahoon!

Email Spear Pishing ini meliputi sejumlah cara yang dibuat untuk mengelabuhi penerima. Sehingga pengguna akun yahoo akan memberikan informasi pribadi mereka.

Diketahui pula, email pishing ini keluar dari sumber yang terpecaya. Seperti yang terjadi belakangan ini. saat mantan manager Hillary Clinton, yaitu John Podesta menjadi korban dari email pishing. Ini mengakibatkan pesan pribadinya bocor.

Atas kejadian ini Departemen Kehakiman Amerika Serikat atau DOJ merilis surat dakwaan yang diisi dua agen intelejen Rusia. Surat lainnya berkaitan dengan kasus hack tahun 2014 sehingga mengganggu 500 juta pengguna akun yahoo.

Keterangan lebih lanjut, DOJ menyatakan anggota intelijen FSB yaitu Dmitry Dokuchaev dan Igor Sushchin. Mereka diketahui telah dilindungi, difasilitasi, dan dibayar oleh hacker lain untuk mereka akun Yahoo. Namun serangan itu berbeda dengan kasus peretasan tahun 2013. Sayangnya tak ada yang disalahkan atas kasus tersebut.

yahooa

Sedangkan tersangka lainnya adalah Alexsey Alexseyevich Belan alias Magg. Ia diketahui dipekerjakan dan difasilitas oleh dua hacker di atas. Sejak tahun 2012, magg sudah menjadi buron FBI.

Di tahun 2013, status Magg meningkat menjadi penjahat maya. Saat itu ia berhasil ditangkap di Eropa. Sayangnya Magg mampu melarikan diri ke Rusia sebelum diekstradisi. Tersangka lainnya adalah Karim Baratov alias Kay, Karim Taloverov, dan Karim Akehmet Tokbergenov. Mereka meretas ratusan pengguna akun Yahoo untuk mengawasi gerak gerik para tokoh seperti pejabat pemerintahan, pebisnis, dan jurnalis.

Bahkan diketahui, salah satu terdakwa memanfaatkan akses ilegalnya untuk pencurian. Seperti mencari informasi tentang akun kartu kredit dan kartu hadiah dari pengguna akun. Kemudian memanfaatkannya untuk kampanye spam. Atas perbuatannya mereka dikenai ancaman hukuman di ats 30 tahun penjara.

Ini merupakan kerja keras dari para investigator yang berhasil mengungkap tersangka peretasan akun  yahoo yang selama ini telah terjadi. Tak hanya itu pihak Yahoo juga memberikan apresiasi atas penemuan lembaga hukum AS. Seperti yang dikatakan Chris Maden, Asisten Dewan Umum Yahoo merasa lega. Karena aktor utama telah teridentifikasi.

Atas pengungkapan hacker, akhirnya nilai akuisisi Yahoo oleh Verizon dapat potongan harga. Awalnya Verizon membeli Yahoo senilai 4,83 miliar dolar AS kini menjadi 4,48 miliar dolar AS. Atau dalam rupiah awalnya 64,5 triliun rupiah menjadi 59,7 triliun rupiah.

baca juga :

Berita Terkini: Yahoo Messenger Lawas Akan Ditutup Mulai Tanggal 5 Agustus 2016!

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …