Home / Kejadian / Berita Terkini: Gempa Guncang 3 Wilayah Dalam Sehari, Ini Penjelasan BKMG !
gempa
copyright©BMKG

Berita Terkini: Gempa Guncang 3 Wilayah Dalam Sehari, Ini Penjelasan BKMG !

Dalam Sehari Terjadi 3 Gempa Di Wilayah Berbeda !

Dotekno.com– Rabu malam tepatnya 24 Mei 2017, sebagian sisi selatan Jawa Timur diguncang gempa bumi. Getaran tersebut berpusat di Kabupaten Blitar dengan kekuatan 5,6 SKALA RITCHER terjadi pada pukul 23.44 tengah malam. Selain warga Blitar, guncangan juga dirasakan warga sekitar Blitar, seperti Kediri, Tulungagung dan Malang. Meski demikian warga cukup tenang karena guncangan tidak menimbulkan potensi tsunami.

Selama sehari kemarin, rupanya ada tiga gempa bumi yang mengguncang dalam waktu yang berbeda. Seperti yang terjadi di Morowali, Sulawesi tengah. Getaran dengan kekuatan 5,6 SKALA RITCHER ini terjadi pada pukul 16.10 WIB. Sebelumnya Jayapura juga dilanda guncangan pada pukul 03.59 WIB dengan kekuatan 5 SKALA RITCHER.

Dari ketiga gempa tersebut, rupanya getaran yang mengguncang bumi Morowali membuat warga ketakutan. Mereka berhamburan keluar rumah. Seperti yang dikatakan Daryono selaku Kepala Bidang Informasi gempa Bumi dan peringatan Dini Tsunam BMKG, bahwa guncangan terjadi di kedalaman 12 KM pada koordinat 2,78 LS dan 122,20 BT.

gempa
copyright©BMKG

Daryono juga memberikan keterangan tertulis terkait bencana tersebut. Berdasarkan kedalaman hiposenternya, guncangan yang terjadi termasuk dalam gempa bumi dangkal. Yang pemicunya adalah aktivitas patahan matani segmen Geresa. Hal ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan sesar mendatar mengiri atau sinistral.

Gempa dengan skala intensitas II SIG BMKG menggambarkan getaran yang yang dapat dirasakan banyak orang. Tetapi getaran ini tidak menimbulkan kerusakan. Getaran susulan kembali dirasakan warga 10 menit kemudian. Yaitu dengan kekuatan 16.10 WIB, berkekuatan 4,3 SKALA RITCHER. Meski demikian warga dihimbau untuk tenang.

baca juga :

Berita Hari Ini: Gempa Terkini Guncang Sumba Barat Daya 4,6 Sr!

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

novel-baswedan

Berita Terkini: Fakta Janggal Pada Kasus Teror Novel Baswedan !

Kelima Kalinya Novel Baswedan Dapat Teror Fisik, Kinerja Polri Dipertanyakan ! Dotekno.com– Kasus yang menimpa …