Home / News / Berita Terkini: Gempa 5,5 SR Guncang Kota Bitung, Sulut- Gempa Halmahera Tipe Swarm Tak Berpotensi Tsunami !!
gempa

Berita Terkini: Gempa 5,5 SR Guncang Kota Bitung, Sulut- Gempa Halmahera Tipe Swarm Tak Berpotensi Tsunami !!

Berita Gempa : Gempa 5,5 SR Guncang Kota Bitung, Sulut- Gempa Halmahera Tipe Swarm Tak Berpotensi Tsunami !!

Dotekno.com- Dini hari sekitar pukul 01.57 WIB warga Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara merasakan gempa. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika menyatakan gempa yang telah mengguncang Bitung berkekuatan 5,6 SR. gempa terjadi pada hari Kamis 26 November 2015.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, gempa berpusat pada 1.49 LU – 126.35 BT. Dimana titik gempa berada pada kedalaman 10 kilometer dari permukaan laut.

BMKG juga menyatakan pusat gempa sekitar 132 kilometer dari arah Timur laut Kota Bitung. Meski demikian gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga saat ini belum ada informasi maupun laporan adanya kerusakan atau korban jiwa akibat gempa.

Sementara itu gempa juga masih mengguncang Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Sejak tanggal 16 – 23 november 2015, tercatat 611 kali terjadi guncangan.

Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat data informasi dan humas badan Nasional penanggulangan bencana (BNPB) menyatakan terdapat 9.610 jiwa mengungsi di Kecamatan Jailolo. Pengungsi tersebar di 19 desa. Pada siang hari pengungsi melakukan aktivitas seperti biasanya.

Akibat gempa ini, terdapat 934 rumah rusak, 237 rusak berat, 193 rusak sedang, dan 504 rusak ringan. Sedangkan fasilitas umum yang mengalami kerusakan ada 11 gedung. Desa Galala mengalami keretakan sepanjang 500 meter.

gempa..

Atas dasar tersebut, pemerintah Halmahera Barat menetapkan Surat Keputusan Tanggap Darurat selama 14 hari. Yang terhitung mulai 21 November hingga 6 Desember 2015. Bantuan yang telah dikirim pemerintah Provinsi Maluku Utara beruoa 400 dus mie instan dan 400 dus air minum dalam kemasan.

Sutopo juga meerangkan adanya informasi sesat yang membuat masyarakat resah. Bahwa akan terjadi gempa besar susulan dan tsunami. Masyarakat yang terprovokasi melakukan penyelamatan diri dengan mengungsi ke hutan. Isu ini dirasa sangat meresahkan.

Oleh sebab itu Sutopo menghimbau, agar masyarakat tidak perlu panic. Jenis gempa di Halmahera Barat adalah tipe Swarm. Yang mana dengan tipe ini gempa dengan magnitude kecil berlangsung terus menerus tetapi tidak ada gempa besar.

Adanya gempa kecil di bawah 5 SR dengan kedalaman dangkal menyebabkan guncangan keras bersifat local. Sehingga kemungkinan kecil jika terjadi gempa besar saat ini.

baca juga : Berita Terkini : Kereta Api Menabrak Angkot, Diduga Akibat Perlintasan Lambat Turun !!!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

fb

Berita Terkini: Fb (Facebook) Sebar Pencari Wifi Gratis Ke Semua Pengguna

Aktifkan Fitur Find Wifi, Pengguna Fb Waspadai Hacker ! Dotekno.com– Media sosial terbesar Facebook (Fb) …